oleh

Lelet Buat Perdes APBDes, 64 Desa di Sumenep Belum Cairkan BLT Desa Tahap I

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 64 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, hingga hari ini, Selasa (9/6/2020) belum mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa tahap I.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Supardi menjelaskan, desa yang belum mencairkan BLT Desa karena desa belum memiliki peraturan desa (Perdes) APBDes.

“Desa yang belum mencairkan itu (BLT Desa), karena kepala desanya belum membuat Perdes APBDes tentang alokasi BLT Desa,” terangnya.

Dari 332 desa yang tersebar di Kabupaten Sumenep tercatat baru 268 desa yang selesai menyalurkan BLT Desa tahap I. “Jadi, 24 persen dari desa yang ada belum mencairkan BLT Desa,” kembali menegaskan.

Bagi desa yang belum mencairkan BLT Desa tetap bisa mengajukan asal persyaratannya dipenuhi. “Perdes APBDes itu kunci utama untuk mencairkan dana desa,” tandasnya.

Bagi desa yang belum menyalurkan BLT Desa atau ingin mengetahui besaran persen BLT Desa dan tahapannya dalam upaya penanganan Covid-19 dapat berkunjung ke laman Kememenkeu DISINI

(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar