oleh

Lemon Mampu Atasi Flek Hitam, Mitos atau Fakta?

PortalMadura.Com – Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada wanita. Adanya flek hitam ini akan membuat rasa percaya diri menurun karena mengganggu penampilan. Flek hitam ini memang tidak berbahaya dan tidak menular sehingga Anda tidak perlu khawatir. Menghilangkan flek hitam bisa dilakukan di klinik kecantikan namun Anda membutuhkan biaya yang lumayan besar.

Flek hitam ini muncul karena produksi melanin pada kulit yang berlebihan, paparan sinar matahari, bekas jerawat, konsumsi obat tertentu, perubahan hormon, hingga peradangan atau iritasi pada kulit wajah. Dilansir dari laman Halodoc.com, Selasa (24/11/2020) lemon mampu mengatasi flek hitam, mitos atau fakta?

Selamat Ibadah Puasa

Menghilangkan flek hitam bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami tanpa harus perawatan di klinik kecantikan. Bahan alami sangat mudah didapatkan di sekitar Anda bahkan harganya lebih murah daripada Anda melakukan perawatan di klinik kecantikan. Bahan alami yang bisa Anda gunakan adalah buah lemon. Buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi melanin berlebih pada kulit.

Lemon juga mengandung asam sitrat yang dapat membuat wajah Anda lebih cerah dan membantu mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakan lemon pada wajah Anda sangat mudah. Anda hanya membutuhkan bahan tambahan lain seperti gula merah dan putih telur. Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga merata.

Setelah semua campuran merata Anda bisa mengoleskan pada wajah dan gosok secara perlahan menggunakan jari selama 10 menit. Lalu Anda diamkan sebentar dan bilas dengan air bersih. Namun jika timbul iritasi sebaiknya hentikan perawatan ini, dan Anda bisa menggunakan bahan lain untuk mengatasi flek hitam seperti pepaya dan kentang.

Pepaya merupakan buah yang sangat mudah didapatkan. Pepaya mengandung enzim papin yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah. Sehingga akan membantu meregenarasi kulit secara cepat. Kandungan vitamin C dan A pada pepaya juga dapat mengurangi pigmenatsi pada wajah, merangsang pembentukan kolagen, mengurangi bintik hitam, noda dan bekas luka.

Cara yang bisa Anda lakukan dengan melumatkan buah ini lalu oleskan pada area muka yang terdapat flek hitam. Diamkan sampai kering lalu bilas menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan ini dua samapi tiga kali dalam seminggu.

Selanjutnya adalah kentang, tanaman ini merupakan jenis umbi-umbian yang mengandung vitamin B kompleks, kalium, magnesium, seng, dan fosfor yang mampu mencerahkan kulit. Sedangkan niacinamide pada kentang berperan aktif dalam meregenerasi sel kulit.

Cara menggunakan kentang ini juga sangat mudah. Pertama cuci bersih kentang yang sudah dikupas kulitnya. Iris kentang tipis dan gosokkan pada wajah yang terdapat flek hitam secara melingkar. Lakukan ini selama kurang lebih 10 menit. Jika kentang sudah mengering maka ganti dengan irisan kentang lainnya.

Inilah tiga bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Jika terjadi iritasi sebaiknya hentikan perawatan ini dan konsultasikan pada dokter. Selain itu gunakan suncreen atau sublock agar wajah Anda mendaptkan perlindungan dari paparan langsung oleh sinar matahari.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Halodoc.Com

Komentar