oleh

Lestarikan Budaya Lokal, Pemkab Sumenep Gelar JJS Egrang

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Jalan Jalan Santai (JJS) Egrang di seputar jalan Taman Bunga (TB) setempat, Minggu (2/9/2018).

JJS Egrang atau tenjhak ini merupakan bagian dari even Visit Sumenep 2018. JJS egrang dengan pakaian unik ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi di lingkungan pemkab setempat.

“Tradisi atau budaya harus dilestarikan, salah satunya egrang atau tenjhak ini. Terlalu sedikit anak muda yang mengenal tradisi ini, makanya pemerintah kembali mengingatkan akan tradisi ini agar tidak punah,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Menurutnya, JJS Egrang ini tidak hanya sebatas melestarikan tradisi tapi juga bagian dari menyatukan langkah pembangunan Sumenep ke depan dengan cara kebersamaan dan kekompakan.

“Ini bagian dari menyatukan langkah membangun kabupaten Sumenep, tentu saja diawali dengan kebersamaan dan kekompakan di antara kita,” ucapnya.

Tradisi egrang ini juga bisa dijadikan bagian dari cara memperkuat ekonomi masyarakat. Sebab, egrang ini terbuat dari bambu, tentunya perlu bahan baku yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Semoga ini tidak hanya melestarikan tradisi, tapi juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya. (Arifin/Salimah)