oleh

Ternyata 5 Kebiasaan yang Dianggap Wajar Ini Bisa Berdampak Bagi Kesehatan, Anda Penasaran?

PortalMadura.Com – Kebiasaan merupakan suatu hal yang dilakukan secara berulang-ulang disengaja ataupun tidak. Kebiasan ini seringkali tanpa kita sadari dampaknya, terutama kebiasaan yang menurut kita hal yang biasa. Namun ternyata mempunyai dampak bagi kesehatan. Pada umumnya, baru menyadari setelah dampaknya terlihat.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang jarang orang ketahui yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Duduk dengan Kaki Disilangkan
Bagi wanita duduk dengan posisi kaki disilangkan akan memberi kesan anggun. Namun, duduk dengan posisi tersebut ternyata berdampak bagi kesehatan karena dapat menurunkan aliran darah ke kaki yang dapat menyebabkan masalah seperti varises.

Selain itu, posisi ini juga dapat menyebabkan sakit punggung dan masalah reproduksi. Ini dihasilkan dari tekanan yang diberikan pada kaki untuk jangka waktu tertentu.

Menggosok dan Menyisir Rambut Setelah Keramas
Setelah keramas rambut Anda akan lebih rapuh. Menggosok dengan handuk dapat merusak rambut. Sedangkan menyisirnya setelah keramas dapat membuat rambut rontok lebih banyak.

Ubahlah kebiasaan tersebut dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan menariknya satu arah dari atas ke bawah. Hal tersebut akan mengurangi kerusakan rambut.

Menyentuh Wajah
Banyak orang yang menyentuh wajah dalam beberapa kali sehari tanpa menyadarinya. Padahal tangan seringkali tidak dalam kondisi bersih.

Menyentuh wajah dapat menimbukan beberapa masalah kulit. Iritasi dan jerawat sering terjadi karena kotoran dan bakteri menumpuk di tangan yang menular ke wajah ketika Anda menyentuhya.

Penggunaan Sunblock Wajah
Banyak orang yang mengaplikasikan sunblock hanya pada area wajah. Padahal penggunaan sunblock seperti di bagian tangan, leher, maupun kaki juga sangat penting utuk menghambat penuan dini akibat paparan sinar matahari.

Tidur Tanpa Menghapus Makeup
Menghapus makeup di wajah sangat penting untuk menghindari penumpukan bekas makeup yang dapat menghalangi pori-pori wajah.

Penumpukan kotoran dapat menyebabkan infeksi yang nantinya bisa menjadi jerawat. Maka dari itu, sebelum tidur, jangan lupa untuk membersihkan make up dan mencuci wajah lanjutkan dengan mengaplikasian pelembab untuk merawat wajah.

Itulah beberapa kebiasaan yang dianggap wajar oleh sebagian besar orang malah hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Mari ubah kebiasaan kita menjadi yang lebih baik demi kesehatan tubuh kita sendiri. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Nanik)


Komentar