Lima Poktan Sampang Dapat Bantuan Sapi Betina

  • Bagikan
sapi
Ilustrasi (NET)

PortalMadura.Com, Sampang – Kelompok Tani (Poktan) di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mendapatkan program bantuan sapi sebanyak 46 ekor tahun anggaran 2021.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sampang, Hendra Gunawan menyampaikan, bantuan pengadaan sapi berasal dari jaringan aspirasi masyarakat (Jasmas) hasil serapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang.

Anggaran pengadaan bantuan sapi untuk Poktan di Sampang mencapai Rp 713 juta. Pihaknya juga sedang melakukan lelang dan telah diusulkan di bagian pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) pemerintah daerah.

Tender pembuatan sejak 12 Oktober 2021. Saat ini, dalam tahap pengumuman pasca kualifikasi. “Bantuan sapi akan kami distribusikan terhadap sejumlah kelompok tani yang tersebar di beberapa daerah Sampang dan telah ditentukan oleh anggota dewan,” terangnya, Rabu (27/10/2021).

Poktan yang mendapatkan bantuan sapi, lanjut Hendra, yakni, Desa Sokobanah Daya sebanyak 11 ekor, Desa Sokobanah Laok 5 ekor, Kecamatan Karang Penang 6 ekor, Kecamatan Kadungdung 13 ekor, dan Kecamatan Jrengik ada 11 ekor sapi.

“Semuanya, ada 46 ekor jenis sapi lokal betina yang akan didistribusikan kepada lima Poktan,” imbuhnya.

Untuk mencegah unsur penipuan, pihaknya mengaku akan memberikan tanda khusus dengan cara menindik bagian telinga seluruh sapi sebelum dilakukan pendistribusian terhadap setiap Poktan.

“Telinga sapi ditindik dan diberi anting sebagai tanda jika sapi tersebut merupakan bantuan untuk dipelihara bukan untuk dijual,” tegasnya.

Bantuan untuk Poktan dari pemerintah daerah Sampang, dinilai memiliki tujuan sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat pada bidang peternakan hewan jenis sapi lokal.

“Sapi harus tetap dijaga dan dipelihara dengan baik, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Sampang,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.