Jangan Lupa Baca Doa Ini Saat Musim Hujan Tiba

  • Bagikan
Jangan-Lupa-Baca-Doa-Ini-Saat-Musim-Hujan-Tiba
Ilustrasi (islamkita.co)

PortalMadura.Com – Sudah tahukah Anda bahwa ketika musim hujan tiba menjadi waktu mustajab bagi kaum muslimin untuk berdoa?. Ya, pada waktu itu pasalnya doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Jadi, menjadi kesempatan bagi Anda untuk meminta dan memohon pada Allah atas apa yang ingin Anda harapkan di waktu hujan turun. Tentunya, dengan niat yang tulus serta diiringi dengan cara yang benar pula dalam berdoa.

“Saat hujan turun baiknya kita sebagai umat Islam dianjurkan berdoa,” ujar Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya kepada MNC Portal beberapa waktu lalu, seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (27/10/2021) dari laman Okezone.com.

Rasulullah bersabda: ثِنْتَانِ مَاتُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ الْمَطَرِ

Artinya: “Dua doa yang tidak pernah ditolak; doa pada waktu azan dan doa pada waktu hujan” (HR Hakim).

Ketika hujan datang, doa yang selalu dipanjatkan sebagai berikut, sebagaimana diriwayatkan dalam kitab Shahih Al Bukhari, saat melihat hujan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengucapkan:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: “Ya Allah jadikan hujan ini penuh kebermanfaatan.”

Lebih lanjut, kata Ustadz Asroni, terdapat doa lainnya saat hujan tiba dan berharap tidak ada musibah yang datang. “Ini doa jika khawatir hujan yang turun menyebabkan banjir,” terangnya.

Doa supaya tidak banjir saat hujan datang yakni sebagai berikut:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wa la ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wal jibali, waz zhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manabitis syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Selain itu, ketika hujan tiba, kaum Muslimin juga diingatkan untuk selalu beristigfar. Selalu mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala karena telah menciptakan hujan sebagai berkah untuk seluruh makhluk hidup di bumi ini. Wallahu A’lam.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.