oleh

Lo Han Kuo, Buah Manis Asal Tiongkok yang Baik Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Lo han kuo merupakan jenis buah dari kelompok Cucurbitaceae (labu) yang memang dikenal memiliki rasa manis. Tidak hanya di lidah, manisnya manfaat buah lo han kuo juga bisa dirasakan untuk kesehatan secara menyeluruh.

Manfaat lo han kuo untuk kesehatan memang telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (18/5/2021), berikut manfaat lo han kuo untuk kesehatan:

Meredakan Radang Tenggorokan

Manfaat lo han kuo ini kemudian diketahui ada berkat kandungan senyawa mogrosida yang juga bersifat antiradang.

Menangkal Radikal Bebas

Tidak hanya sifat antiradang, senyawa mogrosida yang terkandung dalam lo han kuo juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kronis.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pemanis yang rendah kalori, seperti lo han kuo, diketahui dapat mengurangi keinginan untuk memakan makanan tinggi gula yang mudah menggagalkan diet dan menaikkan berat badan.

Membantu Mencegah Kanker

Ekstrak buah lo han kuo juga dapat membunuh sel kanker dan menekan pertumbuhannya. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk manfaat lo han kuo ini.

Mengontrol Gula Darah

Rasa manis lo han kuo bukan berasal dari gula buah, melainkan dari senyawa alami bernama mogrosida. Oleh karena itu, konsumsi buah ini dapat menyenangkan hati para pecinta manis tanpa khawatir akan risiko kelebihan konsumsi gula. Manfaat lo han kuo ini juga bisa dinikmati penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darahnya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar