oleh

Luar Biasa, 4 Wisata Banda Aceh yang Harus Anda Tahu

PortalMadura.Com – Kota Banda Aceh yang merupakan ibukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam juga sering dikenal dengan nama Serambi Mekah. Aceh merupakan sebuah daerah yang banyak sekali menyimpan berbagai destinasi wisata yang sangat menakjubkan.

Jika ada punya rencana untuk datang atau berkunjung ke Kota Banda Aceh maka Anda pasti akan merasakan suasan yang sangat menyenangkan dan tentunya sangat seru. Dilansir dari traveloka.com, Senin (24/5/2021) inilah 4 tempat wisata Aceh yang harus Anda tahu:

Tamansari Gunongan

Tamansari Gunongan dibangun semasa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M). Tamansari Gunongan disebut juga Taman Ghairah yang ditengahnya mengalir Sungai Daroy (Darul Asyiqi). Taman tersebut digunakan sebagai tempat bersenang-senang para permaisuri Sultan Iskandar Muda (Putri Pahang) anak Sultan Johor dari Malaysia. Sedangkan Kandang pada awalnya merupakan bangunan yang dipergunakan sebagai tempat kenduri oleh para keluarga Sultan Iskandar Muda. Setelah Sultan Iskandar Thani wafat ia dikebumikan ditempat ini, selanjutnya disebut komplek makam Iskandar Thani yang berdekatan dengan Gunongan.

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk merupakan salah satu primadona wisata Aceh Besar sebelum terjadi tsunami tahun 2004. Pantai ini selalu ramai dengan pengunjung, baik dari Banda Aceh, Melaboh, atau daerah-daerah lainnya. Dengan pasir putih dan pepohonan pinus yang rindang, tempat ini menjadi tempat yang ideal untuk melepas kepenatan.

Museum Tsunami Aceh

Museum ini merupakan sebuah struktur empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Di dalamnya, pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air yang tinggi — untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat tsunami. Dinding museum dihiasi gambar orang-orang menari Saman, sebuah makna simbolis terhadap kekuatan, disiplin, dan kepercayaan religius suku Aceh.

Bukit Lhok Eumpe

Bukit Lhok Eumpe adalah tempat wisata alam tersembunyi yang berada di daerah Lhoknga. Salah satu alasan yang menjadi destinasi wisata tersebut tersembunyi karena sama sekali tidak terdeteksi oleh Google map. Destinasi wisata tersebut sekaligus menjadi destinasi wisata alam serta budaya yang sangat khas dan unik. Terkadang bukit Lhok Eumpe sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan budaya setempat. Selain itu juga merupakan area camping favorite semua wisatawan.

Nah, itulah 4 wisata di Banda Aceh yang perlu Anda tahu dan jangan sampai Anda lewatkan. semoga bermanfaat

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Traveloka.Com

Komentar