oleh

Sering Diabaikan, Buah Kersen Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Manfaat buah ceri kersen untuk kesehatan belum banyak diketahui masyarakat. Buah ceri kersen ini banyak tumbuh di pekarangan rumah bahkan di tepi jalan. Namun, meski mudah dijumpai, buah berukuran kecil ini kerap diabaikan dan dianggap tidak bernilai dan tidak bermanfaat.

Salah satu manfaat buah ceri kersen yang paling terkenal untuk diabetes dan kolesterol. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen kaya akan serat yang terdapat di kulit buahnya. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (24/5/2021), berikut manfaat buah kersen untuk kesehatan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Pada daun dan buah ceri kersen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung sehat. Jika aliran darah menuju jantung Anda tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah ceri kersen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah ceri kersen selanjutnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penyebab tersering tekanan darah tinggi adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti makanan tinggi garam, tinggi lemak, dan merokok. Untuk mengtasi masalah tekanan darah tinggi ini, Anda bisa memanfaatkan kandungan nitric oxide dalam buah ceri kersen. Kandungan ini mampu bekerja untuk melemaskan pembuluh darah sehingga dapat mengalir dengan lancar dan secara langsung menurunkan tekanan darah.

Sumber Antioksidan

Buah ceri kersen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah ceri kersen memiliki kurang lebih 24 senywa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal inilah yang menandakan kalau ceri kersen merupakan buah yang kaya akan antioksidan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar