Lupa Hapus Makeup Sebelum Tidur? 3 Cara Ini Perlu Anda Lakukan

Avatar of PortalMadura.com
Lupa Hapus Makeup Sebelum Tidur? 3 Cara Ini Perlu Anda Lakukan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat malam hari sebagian wanita biasanya melakukan aktivitas rutin yaitu membersihkan sisa makeup. Hal ini untuk memanjakan diri dan menghilangkan kotoran yang ada di wajah.

Tapi terkadang ada saat di mana seseorang merasa lelah dan memutuskan untuk tidur daripada membersihkan makeup tersebut. Jangan jadikan hal itu menjadi kebiasaan ya, ladies. Karena akan berakibat kurang baik bagi wajah Anda.

Jika sudah terlanjur, Anda tidak perlu khawatir, sebab berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan kulit setelah tertidur menggunakan makeup:

Eye Makeup
Jangankan terbawa tidur, Anda yang sehari-harinya tidak membersihkan eyeliner dan maskara dengan tuntas saja berisiko mengalami beragam masalah kesehatan mata. Pasalnya, eyeliner dan maskara bisa bergesekan dengan bantal, masuk ke dalam mata, dan menyebabkan iritasi pada mata. Selain itu, maskara juga membuat folikel bulu mata tersumbat dan menyebabkan bulu mata menjadi rapuh, mudah patah, dan mudah rontok.

Apa yang Harus Dilakukan?
Saat terbangun, segera bersihkan makeup mata Anda menggunakan makeup remover dan cleanser. Lakukan dengan lembut karena area mata dan sekitarnya cenderung lebih lunak sewaktu Anda bangun tidur. Setelah membersihkan makeup mata, gunakan obat tetes mata untuk mencegah terjadinya iritasi.

Lip Makeup
Tidak peduli secantik apapun lipstik yang dikenakan, tentu Anda tidak mau lipstik tersebut berakhir mengotori sarung bantal dan guling Anda, kan?. Hal inilah yang pertama akan terjadi jika Anda tertidur menggunakan lipstik.

Nah, untuk pengaruh yang akan Anda rasakan di bibir, ini tergantung dari jenis lipstik apa yang Anda gunakan. Jika Anda kebetulan menggunakan lip gloss atau lip balm, bibir Anda akan lebih aman jika dibanding dengan ketika Anda menggunakan lipstik matte. Namun, tertidur menggunakan lipstik jenis apapun, pada dasarnya dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah.

Apa yang Harus Dilakukan?
Selain segera membersihkan sisa lipstik saat bangun tidur, hal yang penting juga untuk dilakukan adalah mengembalikan kelembapan bibir. Sesuaikan kondisi bibir Anda dengan pelembap bibir yang digunakan. Jika bibir terasa sangat kering, gunakan pelembap yang lebih thick atau rawat bibir Anda menggunakan lip mask. Jangan lupa untuk istirahatkan bibir Anda dari jenis lipstik apapun untuk 24 jam ke depan.

Face Makeup
Foundation dan primer dengan kandungan minyak merupakan 2 hal yang dapat menyebabkan banyak dampak buruk jika tidak dibersihkan . Masalahnya, dua produk ini telah menutup pori-pori wajah Anda seharian dan telah terpapar oleh polutan, bakteri, hingga jamur yang dapat membawa dampak buruk bagi kulit.

Hal pertama yang akan terjadi adalah kulit gagal untuk memperbaharui dirinya, sehingga akan tampak lebih kusam. Lalu, produk makeup dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan breakout dan jerawat. Selain itu, kulit wajah juga akan menjadi kering karena kekurangan pelembap dan lebih mudah keriput akibat kerusakan kolagen.

Apa yang Harus Dilakukan?
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah double cleansing. Gunakan pembersih dengan kandungan minyak, kemudian lanjutkan dengan cleanser yang ringan. Setelah wajah bersih, lanjutkan perawatan dengan mengeksfoliasi kulit wajah dengan scrub yang lembut, kembalikan pH kulit seimbang dengan toner, dan akhiri dengan penggunaan masker wajah favorit Anda.

Selain merawat wajah secara keseluruhan, Anda juga perlu memerhatikan apakah ada dry-spot atau calon-calon jerawat di wajah. Segera berikan spot treatment untuk area yang lebih bermasalah.

Selain melakukan pertolongan pertama pada kulit, jangan lupa juga untuk mengganti sarung bantal yang Anda gunakan. Akan percuma jadinya jika Anda sudah membersihkan wajah dengan baik, tetapi sarung bantal yang Anda gunakan masih memiliki residu makeup. Selalu jaga kebersihan kulit dan barang-barang yang Anda gunakan untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.