oleh

Mahasiswa UMM Lakukan Penanaman Apotek Hidup di Pamekasan

Oleh: Rofiyatul Laili Wardani*

PortalMadura.Com, Pamekasan – Penanaman apotek hidup menjadi salah satu program mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 71 asal Kabupaten Pamekasan yang tergabung dalam kegiatan Pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa (PMM).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Pada Sabtu (15/8/2020) mahasiswa UMM ini melakukan penanaman tanaman apotek hidup didampingi Dosen Pembimbing Lapang (DPL), Septi Nur Wulan Mulatmi. Kegiatan PMM ini dinaungi Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM.

Tanaman tersebut ditanam menggunakan pot dan di polybag dan nantinya akan diletakkan di Balai Desa Bunder, Pademawu, Pamekasan, Madura.

“Tanaman yang dibudidayakan disini seperti jahe, sirih, kencur, lengkuas, temu kunci dan tanaman herbal lainnya,” kata salah seorang mahasiswa, Emilda, yang juga pencetus program ini.

Adanya program tersebut, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan apotek hidup sebagai ramuan untuk meningkatkan imunitas tubuh di era new normal melalui obat tradisional.

Tonton Juga Video Detik-detik Penemuan Mayat Bayi Perempuan Pulau Mandangin Sampang KLIK DISINI

Disamping itu, untuk menghemat pengeluaran sebagai masakan bumbu dapur. “Melalui apotek hidup diharapkan masyarakat akan sadar untuk melestarikan tanaman tersebut di pekarangan rumah masing-masing dan tanaman ini sangat berguna untuk ramuan sebagai pertolongan pertama saat ada keluarga yang sakit,” ujarnya.

Menurut dia, hidup sehat merupakan sesuatu yang diimpikan oleh banyak orang, maka untuk mewujudkannya bisa dilakukan mulai dari hal kecil seperti melakukan penanaman apotek hidup di pekarangan rumah.

“Apotek hidup adalah sekumpulan tanaman yang berkhasiat untuk obat-obatan seperti menyembuhkan dan menangkal penyakit,” tandasnya.(**)

*Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

“Redaksi PortalMadura.Com menerima tulisan opini, artikel dan tulisan lainnya yang sifatnya memberi sumbangan pemikiran untuk kemajuan negeri ini. Dan semua isi tulisan di luar tanggung jawab Redaksi PortalMadura.Com.”

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar