Makam Joko Tarub Pamekasan Penuh Keunikan dan Sejarah

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, Ki Ageng yang terletak di Dusun Pacanan, Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mempunyai keunikan dan sejarah yang melegenda.

Masyarakat muslim, khususunya dari luar Madura mulai ramai mengunjungi makam Joko Tarub yang dikenal menikah dengan seorang bidadari Nawang Wulan dari kayangan dan memiliki anak bernama Nawang Sari.

Peninggalan yang masih tersisah, berupa musalla atau “langgar” beratap ilalang. Konon, musalla ini ada dengan sendirinya. Dilokasi pemakaman juga terdapat bangunan yang beratap ilalang.

Di dalam bangunan tersebut terdapat empat buah mirip batu nisan dan bertuliskan, Nawang Wulan, Dewi Nawang Sasih, Raden Arjo Bondan Kejawen, dan Nawang Sari. Dan ada pula, kain warna-warni yang dilambangkan sebagai selendang Nawang Wulan.

Kain tersebut diyakini mempunyai manfaat tersendiri, sehingga sebagian pengunjung ada yang membawa pulang. Bagi mereka yang sukses, maka kain itu dikembalikan dan membawa lebih banyak lagi. Anehnya, kain tersebut selalu cukup untuk kebutuhan peziarah.

Keunikan lainnya, berupa pohon bambu yang mengelilingi areal pemakaman Joko Tarub. Bambu-bambu itu dipercaya mampu melanggengkan hubungan cintah-kasih lain jenis dengan cara menulis nama pasangan.

Tak ayal, jika di pohon bambu yang diselamatkan oleh warga sekitar itu terdapat nama berpasang-pasangan.

Para pengunjung juga disediakan minuman teh oleh Kamariyah, seorang ibu yang mempunyai garis keturunan dengan Ki Ageng Joko Tarub. “Minuman ini sekedar menghilangkan dahaga para peziarah,” kata Kamariah. 

Berikut liputan video Ki Ageng Joko Tarub ;

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.