oleh

Makin Banyak Makam Kuno Ditemukan di Bukit Pal Batang-batang Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pembersihan dan pencarian terhadap makam kuno bernuansa Islam di Bukit Pal Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus dilakukan oleh warga setempat.

Hingga Sabtu (11/4/2020), puluhan makam yang tergolong kuno dan unik kembali ditemukan. Warga setempat belum menghentikan pembersihkan Bukit Pal yang ada di perbatasan Desa Batang-batang Laok dan Desa Batang-batang Daya tersebut.

“Pembersihan masih terus dilakukan. Untuk hari ini istirahat, kalau kemarin banyak yang ikut membersihkan,” kata Waqiah, salah seorang warga Desa Batang-batang Laok yang ikut membantu membersihkan pada PortalMadura.Com di lokasi.

Sayangnya, tidak ada warga yang mengetahui siapa asal usul dan keturunan dari makam kuno tersebut. Dari cerita yang disampaikan warga hanya dikenal sebagai pemakaman kuno (pemakaman umum).

Selama ini yang dikenal hanya bhuju’ lanjhang (makam panjang) yang ada di belakang areal SMPN 1 Batang-batang, Sumenep. Itu pun tidak tahu siapa yang dimaksud bhuju’ lanjhang. Makam ini dikeramatkan oleh warga sekitar dan arealnya menyambung dengan makam kuno yang baru ditemukan.

Untuk sampai ke lokasi penemuan makam kuno tersebut, perlu berjalan kaki dari bhuju’ lanjhang┬áini tidak sampai 500 meter ke arah timur laut dengan melewati jalan setapak. Jalan ini juga bagian dari areal pemakaman umum.

Pada Rabu (8/4/2020) siang, batu nisan yang ditemukan warga, baru pada bagian timur Bukit Pal. Di lokasi ini batu nisannya dengan bahan dasar kumbung kuning (keras). Keunikannya pada batu yang mengelilingi berlanggam Madura. Ada sekitar sembilan batu nisan yang ditemukaan lebih awal.

Batu nisan menunjukkan langgam Madura kuno
Batu nisan Islam menunjukkan langgam Madura kuno di Bukit Pal Kecamatan Batang-batang, Sumenep. @portalmadura.com)

Baca Juga : Makam Islam Pakai Batu Nisan Langgam Madura Ditemukan di Batang-batang Sumenep

Seiring dengan semangat warga untuk terus membersihkan Bukit Pal dan mencari makam-makam kuno lainnya, akhirnya ditemukan kembali puluhan makam yang motif dan bahan batu nisannya bernuansa jawa.

Lokasinya masih dalam satu areal. Dan ke barat dari makam yang menggunakan gundukan berlanggam Madura tersebut. Namun, dari struktur tanahnya, makam yang baru ditemukan itu lebih rendah. Tulisan Arab Pegon juga ada disebagian nisannya.(*)

Artikel Penemuan Makam Kuno bernuansa Islam di Bukit Pal Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura terus akan di update di PortalMadura.Com.

Penulis : Hartono
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar