oleh

Manfaat Buah Dhuwe' (Anggur Madura)

PortalMadura.com – Buah ini dikenal warga Madura sebagai buwah Dhuwe’ dan sering disebut Anggur Madura, sebab bentuknya yang mirip dengan Anggur. Namun sebenarnya buah ini juga tersebar dibeberapa daerah di Indonesia di kenal dengan nama Duwet atau Jamblang. Berbeda dengan buah anggur yang umumnya manis, Buah Duwet sepet dan asam.

Buah duwet (Syzygium cumini) masih satu famili dengan jambu air dan cengkeh (Myrtaceae). Pohonnya tinggi, bisa mencapai 10-20 m, dan kayunya baik digunakan sebagai bahan bangunan. Pohon Juwet umumnya batangnya berdiameter 60cm dan tingginya bisa mencapai 15 m. Buah Duwet berwarna biru keungu-unguan (duwet biasa) atau hitam (duwet ireng). Di samping yang berbuah biru dan hitam tersebut, ada pula varietas yang berwarna ungu (duwet daging), bahkan ada pula yang berwarna putih (duwet bawang).

Saat ini keberadaan Pohon Duwet di Madura maupun secara umum di Indonesia, tergolong ke dalam tumbuhan langka. Kurangnya pembudidayaan tumbuhan tersebut, merupakan salah satu faktor utama terkait dengan kelangkaannya. Padahal buah Duwet memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini Manfaat Buah Duwet:

Biji digunakan untuk pengobatan :

  • Kencing manis (diabetes mellitus),
  • Diare, disentri,
  • Gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri lambug, keram perut,
  • Keracunan strychnine (penawar racun yang tidak spesifik), dan
  • Pembesaran limpa.

Daging buah digunakan untuk pengobatan :

  • Kencing manis (diabetes mellitus),
  • Batuk kronis, sesak napas (asma),
  • Batuk rejan, batuk pada TB paru disertai nyeri dada,
  • Nyeri lambung dan diare.

Kulit Kayu digunakan untuk pengobatan :

  • Kencing Manis (diabeter mellitus)
  • Diare
  • Sariawan

Cara Penggunaan :

Batuk Kronis, asma
1. Cuci buah jamblang segar (15 g) sampai bersih, buah bijinya, lalu makan. Lakukan tiga kali sehari
2. Sediakan buah jamblang kering (15g). masukkan ke dalam mengkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.

Batuk Rejang
Siapkan buah jamblang kering (15g), empedu ayam betina (1 buah), dan gula pasir secukupnya. Masukkan ke dalam air sampai seluruh bagian terendam, lalu tim sampai matang. Minum airnya dan makan isinya. Lakukan sekali sehari sampai sembuh.

Batuk pada TB Paru disertai nyeri dada
Siapkan buah jamblang segar (30g, jika dipakai buah kering gunakan sebanyak 15g) dan daun sembung segar (Blumea balsamifera) (25 g). Cuci semua bahan, lalu potong-potong daun sembung seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula pasir (15g) dan air secukupnya sampai seluruh bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya. Makan buahnya, tetapi bijinya dibuang. Setiap malam sebelum tidur

Diare pada anak
Siapkan buah jamblang segar yang belum matang dan beras yang sudah digongseng sampai kuning (masing-masing 6g). masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, makan sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.

Nyeri Lambung
Gongseng buah jamblang kering tanpa biji (30g) sampai berbau harum. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, makan seluruhnya. Lakukan tiga kali sehati, selama 10 hari.

Sariawan
Rebus kulit kayu atau daun secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.


Tirto.ID
Loading...

Komentar