oleh

Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

PortalMadura.Com – Saat hamil, disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan bergizi dan bernutrisi agar perkembangan janin dalam kandungan terus terjaga. Pilihan makanan bernutrisi dan bergizi untuk ibu hamil terbilang beragam, salah satunya adalah buah melon.

Melon menjadi salah satu buah yang membawa manfaat bagi tubuh karena dalam melon tak hanya terkandung serat yang cukup tinggi, tetapi juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

Dilansir dari Liputan6.Com, Selasa (23/6/2020) berikut beberapa manfaat konsumsi melon bagi ibu hamil.

Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ternyata dengan mengonsumsi melon selama hamil dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi 500 gram melon, maka kebutuhan vitamin C harian ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik. Karena mengandung vitamin C inilah konsumsi melon saat hamil bermanfaat dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak rentan untuk terserang penyakit dan infeksi saat hamil.

Kesehatan Janin

Kandungan asam folat yang cukup tinggi inilah yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Tentu saja karena asam folat ini sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Termasuk kandungan zink dalam melon yang dapat membantu menjaga perkembangan jaringan tubuh janin dalam kandungan.

Perkembangan Kognitif Janin

Buah melon ternyata juga bisa membantu menjaga perkembangan kognitif janin. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam buah melon. Dan perlu diketahui juga bahwa vitamin A merupakan salah satu asupan penting yang dapat menunjang pertumbuhan fungsi kognitif bayi yang sehat dan menangkal cacat bawaan. Vitamin A juga sangat baik untuk perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang bayi. Sehingga jika asupan vitamin A terpenuhi dengan baik, tumbuh kembang janin dalam kandungan juga akan menjadi semakin baik.

Cegah Dehidrasi

Konsumsi melon selama kehamilan dapat membantu mencegah dehidrasi. Hal ini karena melon mengandung air yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi asupan cairan yang menyegarkan tubuh.

Lancarkan Pencernaan

Ibu hamil memang sudah pasti akan mengalami gangguan pencernaan. Misalnya saja seperti sembelit. Dan ini jelas akan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan juga. Melon merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat alami yang larut dalam air sehingga dapat membantu mengatasi masalah sembelit yang terjadi selama kehamilan.

Mencegah Anemia

Konsumsi melon selama hamil juga dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Hal ini karena dalam melon terkandung sejumlah zat besi. Fungsi zat besi bagi ibu hamil tak hanya mampu mencegah anemia selama kehamilan, tetapi membantu membangun otot-otot janin.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam melon ini ternyata memiliki peranan yang cukup penting dalam mengatur sistem tekanan darah. Maka dengan mengonsumsi melon tekanan darah ibu hamil dapat terkontrol dengan lebih baik. Bahkan kalium ini juga mampu membantu mengatasi kaki kram yang kerap dikeluhakan ibu hamil.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar