oleh

Manfaat Cacing Tanah Untuk Tubuh Manusia

PortalMadura.Com – Selain sebagai penyubur tanah yang handal dan juga kadang digunakan sebagai umpan pancing yang ampuh. Ternyata cacing tanah juga bermanfaat untuk tubuh manusia secara langsung.

Caranya, tentu saja dengan mengonsumsinya. Namun tak usah khawatir Anda tak usah mengonsumsi cacing tanah yang kaya manfaat ini dengan langsung begitu saja.

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari hewan ini dengan meminum ekstrak cacing tanah yang sudah di proses secara higienis.

Dilansir dari laman DokterSehat.Com, Kamis (25/6/2020) berikut ini khasiat cacing tanah bagi tubuh.

Manfaat Cacing Tanah Untuk Tubuh Manusia

Antibakteri

Ekstrak cacing tanah ini sudah sejak lama terkenal sebagai obat tifus yang ampuh. Ini karena cacing tanah memiliki sifat anti bakteri yang baik sehingga mampu melawan bakteri penyebab tifus yaitu bakteri Salmonella Typhi.

Mempercepat Penyembuhan Luka Pada Kulit

Sifat antibakteri yang dimiliki cacing tanah juga sangat baik untuk membantu kulit yang terluka terhindar dari infeksi dan bahaya berkelanjutan yang mengintainya.

Selain itu ekstrak cacing tanah juga memiliki asam arakidonat yang ternyata mampu merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga proses penyembuhan luka akan lebih cepat dan efektif.

Menjaga Kesehatan Saluran Darah

Ekstrak cacing tanah juga ternyata memiliki enzim yang mampu meluruhkan kolesterol jahat yang menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.

Jika hal ini dibiarkan tanpa penanganan akan sangat membahayakan bahkan mendekatkan diri pada kematian.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dengan kandungan antibakteri dan asam aminonya yang tinggi, tentu saja ekstrak cacing tanah ini akan secara otomatis membuat kekebalan tubuh anda untuk melawan berbagai virus, bakteri dan jamur menjadi meningkat. Ini akan memberi perlindungan dan anda tak akan mudah jatuh sakit.

Meningkatkan Energi

Cacing tanah mengandung 76% protein yang berarti lebih banyak dari pada yang dimiliki telur yang biasa Anda makan.

Ini sangat baik karena selain proteinnya yang tinggi kandungan kalori yang dimiliki cacing tanah justru rendah sehingga sangat baik untuk asupan nutrisi tubuh.

Walau demikian, mengonsumsi cacing tanah hanya merupakan terapi alternatif saja, bukan sebagai pilihan pengobatan yang utama.

Walaupun banyak  Manfaat Cacing Tanah Untuk Tubuh Manusia, Tapi apapun itu, pilihan ada di tangan Anda.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : DokterSehat.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar