Raih Manfaat dan Pahala Berlipat dengan Mengaji Setiap Hari!

Avatar of PortalMadura.com
Raih Manfaat Dan Pahala Berlipat Dengan Mengaji Setiap Hari!
Ilustrasi (umroh.com)

PortalMadura.Com – Al Quran merupakan kitab suci yang diturunkan kepada manusia melalui perantara baginda Nabi Muhammad SAW. Al Quran banyak memberikan manfaat karena di dalamnya terdapat petunjuk hidup di dunia. Namun beberapa orang suka merasa malas membacanya. Padahal keutamaan mengaji atau membaca Al Quran ini sangat luar biasa.

Sebaik-baiknya buku adalah Al Quran sebagai pedoman bagi manusia yang didalamnya sarat dengan ilmu pengetahuan termasuk moral, berperilaku baik, kejujuran, kebaikan dan lain-lain. Mengaji dapat mempengaruhi jiwa dan pikiran menjadi selalu tenang.

Dilansir dari Dalamislam.Com, Selasa (15/09/2020), dibawah ini manfaat dari :

Mendapatkan Pahala dan Kebaikan

Mengaji dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Maka dari itu seseorang yang mengaji akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan kebaikan dari Allah SWT sebagai manusia yang saleh.

Seperti hadis riwayat dari Tirmidzi bahwa: “Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali, tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.”

Memberikan Derajat dan Wibawa Lebih Baik

Mengaji bisa membuat seseorang terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati dan dihargai banyak orang.

Seperti hadis yang menyatakan: “Orang orang yang hebat dalam membaca alquran akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah SWT dan orang orang yang terbata-bata membaca Alquran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala.” (HR. Bukhari)

Memberikan Syafaat Ketika Hari Kiamat Tiba

Mengaji dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar.

Seperti hadis yang menyatakan bahwa: “Bacalah bait Alquran karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

Membuat Seseorang Menjadi Berperilaku Mulia

Mengaji dengan hati yang tenang dan rasa yang bahagia dapat merubah seseorang yang semula berperilaku tidak baik menjadi lebih baik.

Rasullulah SAW pernah bersabda: “Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Alquran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari).

Hati Lebih Tenang dan Tenteram

Mengaji juga menenangkan pikiran dan batin dan dapat pula menjadikan rasa cinta terhadap Allah SWT, terhadap semua nabi dan rasul serta para malaikat menjadi lebih kuat.

Sesuai dengan firman Allah ta'ala yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-ra'd pada ayat 28: “Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat kepada Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya Allahlah, hatimu menjadi tenteram.”

Sebagai Obat dari Penyakit Tubuh

Bagi seseorang yang rajin dan membiasakan diri untuk mengaji maka Allah SWT akan melindunginya dari segala penyakit. Seperti 2 hadis yang menyatakan bahwa:

Hendaknya kamu menggunakan jenis obat-obatan seperti madu dan membaca Al Quran.” (HR. Mas'ud)

Dan makanlah oleh kamu bermacam-macam buah serta tempuhlah jalan-jalan yang telah ditetapkan pada tubuhmu dengan lancar. Ada madu yang bermacam macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang memikirkan hal itu.” (QS.An-naah 16 : 69)

Memberikan Kenikmatan pada Kedua Orang tua Dihari Kiamat

Bagi seorang anak yang membiasakan diri mengaji semata-mata karena kecintaannya terhadap Allah SWT dan kedua orang tuanya, maka Allah SWT akan melindungi kedua orang tuanya dan memberinya kenikmatan termasuk mahkota pada kepala mereka sebagai tanda keberkahan.

Rasulullah pernah bersabda: “Barang siapa ynag membaca Al Quran dan mengamalkannya semata-mata karena Allah SWT maka Allah akan memberikan mahkota dikepala kedua orang tuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akana terlihat lebih terang dari pada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran itu dikarenakan amalan-amalan si pembaca Al Quran itu.” (HR. Abu daud)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.