Manfaat Daun Jarak untuk Berbagai Jenis Penyakit

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Daun Jarak
Ilustrasi (Dekoruma)

PortalMadura.Com – Apakah Anda tahu dengan ?. Tanaman herbal yang berasal dari wilayah Meksiko dan Amerika bagian Selatan ini juga menyebar di wilayah Indonesia. Biasanya ia tumbuh liar di tanah kosong atau juga sekitar pekarangan rumah.

Jenis tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Ricinus communis ini sudah sejak dulu dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah , dari yang ringan hingga yang terbilang berat. Tidak hanya itu, bahkan daun jarak diklaim bisa memperbesar alat vital laki-laki.

Tentunya, manfaat dari daun jarak (termasuk buah, biji, dan akarnya) tidak lepas dari kandungan sejumlah zat penting yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (24/2/2020) dari laman doktersehat.com, daun jarak mengandung sejumlah senyawa aktif seperti: Alkaloid, Astragalin, Fitonutrien, Nicotiflorin, Kaempferol dan Quercetin.

Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya itu memiliki fungsi masing-masing. Ada yang bersifat sebagai antioksidan, anti-bakteri, anti-inflamasi, dan sejumlah fungsi lainnya yang penting untuk merawat fungsi tubuh.

Tidak heran, jika keberadaan tanaman herbal ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?. Berikut ini adalah daftar manfaat daun jarak yang perlu Anda ketahui:

Penghasil Minyak

Daun jarak mengandung getah yang disebut ricin. Itu juga yang menjadi sebab mengapa tanaman ini dinamai Ricinus Communis. Nah, getah ricin pada daun jarak ini lantas menghasilkan manfaat daun jarak untuk menghasilkan bahan bakar berupa minyak yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Manfaat getah daun jarak yang satu ini utamanya bisa Anda peroleh dari spesies daun jarak pagar dan daun jarak wulung.

Mengatasi Sakit Gigi

Selain menghasilkan bahan bakar minyak berskala mikro, manfaat daun jarak pagar dan jarak wulung pada getahnya dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Jadi, saat Anda sedang mengalami sakit gigi, oleskan getah daun jarak ini pada bagian gigi yang sakit.

Pasalnya, kandungan fitofarmaka bernama alkaloid pada getah daun jarak berdasarkan penelitian diklaim efektif untuk meredakan sakit gigi.

Mengatasi Sariawan

Masih berkaitan dengan manfaat getah daun jarak, pun di area gigi dan mulut, manfaat daun jarak selanjutnya adalah untuk mengatasi sariawan. Adanya senyawa anti-inflamasi pada getah daun jarak menjadikannya alternatif obat yang efektif mengobati sariawan tersebut.

Caranya, ambil getah daun jarak dengan kapas halus. Setelah itu, oleskan getah daun jarak pada bagian yang terkena sariawan. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali sehari sampai hasilnya terlihat.

Mengatasi Konstipasi (Sembelit)

Konstipasi atau biasa dikenal dengan istilah sembelit adalah kondisi di mana sulit sekali rasanya untuk Buang Air Besar (BAB). Salah satu cara mengobati sembelit ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak, utamanya jarak pagar.

Manfaat jarak pagar untuk mengatasi sembelit ini akan tetapi tidak sesederhana mitos yang selama ini dipercaya masyarakat, yakni hanya dengan menempelkan daun jarak pada perut. Alih-alih demikian, yang harus Anda lakukan adalah dengan merebus daun jarak di dalam air mendidih, kemudian minum air rebusan tersebut untuk mengobati sembelit.

Mengobati Luka

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, daun jarak memiliki senyawa yang bersifat anti-bakteri. Hal ini lantas membuat daun jarak berkhasiat untuk mengobati luka pada kulit, terutama luka yang sudah terlanjur terkena infeksi bakteri.

Caranya hampir sama seperti saat mengobati sariawan, untuk memperoleh manfaat daun jarak yang satu ini Anda hanya cukup mengoleskan getah daun jarak pada area kulit yang terluka. Diamkan selama beberapa saat sampai luka Anda dirasa mengering.

Mengobati Radang

Terutama radang (inflamasi) yang terjadi pada daun telinga, maka salah satu cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan memanfaatkan tanaman jarak ini. Khasiat daun jarak pagar dan daun jarak lainnya dalam mengobati peradangan dikarenakan adanya kandungan senyawa aktif yang bersifat anti-inflamasi.

Mudah saja cara pengaplikasiannya, rebus daun jarak di dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, minum air rebusan tersebut secara rutin sampai radang Anda sembuh.

Mengatasi Keputihan pada Mulut Bayi

Bagi Anda para orang tua, perlu diketahui bahwasanya bayi berpotensi mengalami keputihan pada mulutnya akibat terinfeksi bakteri candida yang menempel pada puting susu ibu. Jika hal ini kebetulan menimpa si kecil, maka selain menjaga kebersihan puting susu Anda, cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak.

Kandungan senyawa anti-bakteri pada daun jarak dipercaya ampuh untuk melawan bakteri candida penyebab keputihan pada mulut bayi tersebut. Caranya, ambil getah daun jarak yang terdapat di dalam batangnya, kemudian oleskan sedikit saja pada mulut bayi.

Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang umum dialami banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya. Nah, manfaat daun jarak ternyata juga bisa untuk mengatasi ketombe pada rambut Anda.

Baca Juga : Segudang Manfaat Tanaman Jarak Bagi Kesehatan

Cara memanfaatkannya yaitu, ambil kira-kira 5 helai daun jarak, kemudian tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu, oleskan tumbukan daun jarak tersebut pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci rambut menggunakan sampo dan air sampai bersih.

Merawat Kesehatan Rambut

Masih berkaitan dengan rambut, manfaat daun jarak yang juga tidak kalah penting adalah untuk merawat kesehatan rambut, sekaligus membuat rambut tampak subur.

Anda bisa menumbuk 20-30 biji jarak, kemudian peras sampai keluar minyaknya. Setelah itu, oleskan minyak rambut biji jarak ke rambut secara merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci rambut sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Memperbesar Ukuran Penis

Ada mitos yang beredar bahwa terdapat manfaat daun jarak yang tidak biasa yakni daun jarak efektif untuk memperbesar ukuran penis pria. Kandungan fitronutrien yang memiliki fungsi untuk memblokir aromatase sehingga produksi testosteron meningkat disinyalir sebagai penghasil manfaat daun jarak yang satu ini.

Akan tetapi, tidak adanya bukti ilmiah yang bisa mendukung hal ini menyebabkan klaim khasiat daun jarak untuk memperbesar alat kelamin pria masih diragukan kebenarannya.

Mengencangkan Payudara

Payudara yang kencang adalah dambaan setiap wanita. Untuk mewujudkan hal ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan daun jarak.

Caranya, tumbuk 3-5 helai daun jarak sampai halus, kemudian oleskan pada payudara secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan payudara dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Efek Samping Daun Jarak

Terlepas dari manfaat daun jarak pagar maupun daun jarak jenis lainnya, perlu diketahui bahwasanya tanaman herbal ini juga tidak lepas dari sejumlah efek samping, di antaranya:

– Gangguan pencernaan
– Gangguan lambung
– Iritasi usus
– Mual-mual

Jadi, segera kunjungi dokter manakala Anda merasakan sejumlah kondisi di atas pasca mengonsumsi daun jarak. Selain itu, penelitian akan manfaat daun jarak juga masih dikatakan terbatas sehingga jangan terlalu bergantung pada tanaman ini untuk merawat dan mengobati diri Anda. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.