oleh

Manfaat Daun Mangkokan, Obat Berbagai Keluhan Kesehatan

PortalMadura.Com – Daun mangkokan (mangkok, berdasarkan KBBI) merupakan sejenis tanaman hias yang biasanya tumbuh di area beranda rumah dengan tanaman lainnya. Daun ini berbentuk cekung, mirip seperti mangkok dan bisa menampung air saat musim hujan tiba. Karena itulah ia disebut sebagai daun mangkokan.

Tidak hanya menjadi pajangan saja, daun mangkokan juga biasanya dijadikan mainan oleh anak-anak perempuan sebagai wadah. Meskipun terkesan biasa saja, daun ini memiliki kandungan penting seperti falavanoid, saponin, tannin, dan alkaloid.

Dari sekian zat penting yang terkandung dalam daun mangkokan tersebut menjadikannya mempunyai sejumlah manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja?.

Manfaat Daun Mangkokan

Berikut khasiatnya, seperti dilansir PortalMadura.Com, Senin (17/2/2020) dari laman Idntimes.com:

Mencegah Terjadinya Infeksi pada Luka dan Peradangan

Daun mangkokan memiliki sifat anti-inflamasi, jadi ia sudah dipercaya sejak dulu ampuh dan efektif untuk mengatasi luka dan peradangan. Apabila Anda mengalami infeksi yang biasanya timbul akibat luka luar yang menganga bisa segera teratasi dengan daun mangkokan.

Ingat, jangan dikonsumsi langsung, tapi daun mangkokan ini ditumbuk sampai halus. Setelah itu, aplikasikan atau balurkan ke anggota tubuh yang mengalami luka tersebut.

Mengatasi Lemah, Letih, Lesu, Lunglai, dan Sakit Kepala

Selain membantu proses penyembuhan luka, daun mangkokan juga mampu mengatasi anemia akibat kekurangan darah. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari anemia antara lain; sakit kepala, lesu, lelah, letih, lunglai, dan terasa tidak bersemangat.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan daun mangkokan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Jika gejala kurang darah Anda dibiarkan terus-menerus, maka akan memengaruhi kesehatan Anda yang lainnya.

Meminimalisir Terjadinya Gangguan pada Mata

Di era sekarang ini, orang bisa dengan mudah mengalami gangguan kesehatan mata akibat penggunaan gadget secara berlebihan. Nah, daun mangkokan yang memiliki kandungan zat baik dipercaya mampu meminimalisir terjadinya gangguan pada mata Anda.

Mata sehat yang terjaga sudah pasti akan membuat hidup Anda lebih ceria dan berwarna, bukan?. Maka, tunggu apalagi, segera manfaatkan daun mangkokan agar gangguan pada mata Anda bisa teratasi.

Membantu Mengatasi Sariawan

Walaupun bentuknya daun, siapa sangka daun mangkokan mampu mengatasi sariawan secara efektif. Hampir sama caranya dengan mengobati luka, ambil beberapa daun mangkokan dan tumbuk hingga halus.

Baca Juga : 11 Unit Sepeda Motor Diamankan Polres Sumenep

Kemudian, Anda hanya tinggal membalurkan ke daerah sariawan secara hati-hati dan gunakan secara teratur dan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Dijamin, sariawan Anda akan lebih cepat sembuh dari biasanya.

Mencegah Terjadinya Kerontokan Rambut dan Menjaga Kesehatan Rambut

Nah, ini dia yang dimanfaatkan banyak orang tentang khasiat utama daun mangkokan yaitu dipercaya bisa menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Daun mangkokan juga sangat efektif mengatasi kebotakan. Jadi, bagi para pria yang mengalami masalah dengan kerontokan rambut bisa mencoba mengatasinya dengan daun mangkokan.

Tidak perlu bingung mencarinya, tanaman ini ada di pekarangan rumah, tentu Anda juga bisa dengan mudah membudidayakan daun mangkokan. Karena, selain sebagai hiasan bisa juga berkhasiat sebagai obat berbagai keluhan kesehatan.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar