oleh

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Daun sirih merah (Piper Crocatum) adalah tumbuhan merambat yang bentuknya mirip tanaman lada. Sama seperti daun sirih hijau, daun sirih merah sebenarnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan daun sirih hijau. Hanya saja daun sirih merah lebih diperkaya dengan flavonoid atau antioksidan, yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh Anda.

Dilansir dari laman Sehatq.Com, Selasa (30/6/2020) berikut beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Menghentikan Mimisan

Kandungan fenil poppies dan terpene pada daun sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

Mengobati Tumor

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di daun sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

Pengobatan Luka Bakar

Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada daun sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

Obat Gusi Berdarah

Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau buah kemukus, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Kemudian tuangi air mendidih dan endapkan. Minum airnya 2 kali sehari.

Itulah manfaat daun sirih merah bagi kesehatan Anda untuk pengobatan alternatif selama dirumah.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Sehatq.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar