Wajib Tahu, Manfaat Folavit untuk Promil

Avatar of PortalMadura.com
Wajib Tahu Manfaat Folavit untuk Promil
Wajib Tahu Manfaat Folavit untuk Promil

PortalMadura.com- Banyak pihak merekomendasikan untuk atau . Hal ini tidak lepas dari kandungan yang dikandungnya.

Asam folat sendiri juga disebut vitamin B9, dan merupakan jenis vitamin B komplek yang larut dalam air.

Vitamin ini dikenal sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh. Ia juga berperan penting dalam pembentukan sel DNA yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Selain mengonsumsi sayur dan buah, Anda juga bisa mendapatkan manfaat asam folat dari suplemen yang dijual bebas.

Nah, salah satu suplemen yang mengandung asam folat adalah folavit.

Suplemen ini tidak hanya cocok untuk ibu hamil, beberapa wanita yang sedang melakukan promil juga disarankan untuk mengonsumsi folavit untuk mengoptimalkan rencana kehamilannya.

Apakah mengkonsumsi asam folat atau folavit untuk promil sangat bagus atau tepat?

Manfaat Folavit/Asam Folat untuk Program Hamil

Beberapa wanita hamil yang diresepkan suplemen ini oleh dokter. Semoga suplemen ini akan membantu Anda mendapatkan kehamilan yang sehat.

Di laman NHS, para ibu disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat setiap hari selama kehamilan atau kehamilan. Namun, penting untuk diingat bahwa sumber asam folat tidak hanya tersedia dari suplemen.

Moms juga bisa mendapatkan asam folat dari makanan. Beberapa makanan yang kaya akan asam folat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dll.

Mengapa asam folat penting untuk pertumbuhan janin nanti? Asam folat membantu membentuk tabung saraf saat bayi berkembang di awal kehamilan.

Asam folat penting karena dapat membantu mencegah beberapa cacat lahir utama pada otak (anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida) pada bayi. Tabung saraf inilah yang membentuk otak awal dan sumsum tulang belakang.

Mengapa mengonsumsi asam folat sebelum hamil?

Menurut Tommys, jika Anda memiliki kadar asam folat yang tepat dalam tubuh Anda sebelum kehamilan, Anda dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf bayi Anda hingga 70%. Cacat tabung saraf adalah masalah dengan otak atau sumsum tulang belakang, termasuk spina bifida.

Asam folat ini dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, seperti spina bifida, pada bayi. Cacat tabung saraf terjadi ketika sumsum tulang belakang janin (bagian dari sistem saraf tubuh) tidak terbentuk dengan benar.

Apakah Efektif , Folavit Untuk Promil?

Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan, apakah asam folat efektif untuk perencanaan kehamilan?

Jawabannya tidak cukup. Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa asam folat sebenarnya bukan multivitamin untuk perencanaan kehamilan, termasuk asam folat untuk promil.

Asam folat digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan janin selama kehamilan.

Konon, asam folat memang berperan dalam mencegah kejadian buruk pada janin, seperti hipoplasia atau cacat pada otak dan saraf, seperti anencephaly atau spina bifida.

Memang, wanita yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebelum kehamilan akhir untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Namun, selama perencanaan kehamilan, wanita tidak hanya perlu mengonsumsi asam folat, tetapi juga vitamin dan mineral lainnya. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan bervariasi agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.

Dosis asam folat yang dianjurkan?

Folavit tersedia dalam bentuk tablet, masing-masing mengandung 400 mikrogram asam folat.

Berikut adalah dosis folavit yang disarankan untuk kondisi tertentu:

  • Dosis folavit dewasa untuk anemia atau defisiensi asam folat adalah 400-800 mcg diberikan satu kali sehari.
  • Dosis folavit untuk program hamil, ibu hamil, dan ibu menyusui adalah 800 mcg diberikan satu kali sehari.
  • Tidak ditemukan dosis untuk anak-anak sehingga kemungkinan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Kondisi ibu hamil, ibu hamil, dan ibu menyusui bisa dikatakan cukup rapuh, jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai dosisnya.

Dosis di atas dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan pasien dan harus berdasarkan pertimbangan dokter, termasuk folavit untuk promil.

Untuk itu jangan pernah sekalipun mengubah dosis Anda sendiri tanpa sepengetahuan dokter atau apoteker Anda.

Kapan sebaiknya asam folat ini dikonsumsi?

Selain pertanyaan tentang efektivitas folavit, pertanyaan lain yang sering diajukan adalah tentang waktu yang tepat untuk meminumnya.

Idealnya, asam folat harus dikonsumsi selama trimester pertama kehamilan.

Anda dapat mengonsumsi folavit untuk promil sebelum tidur atau setelah makan di pagi hari, agar bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh anda.

Efek samping mengonsumsi Folavit

Namun, efek samping mungkin masih terjadi pada beberapa kasus atau karena pasien menggunakan dosis yang tidak tepat.
Berikut ini adalah kemungkinan efek samping dari penggunaan folavit:

  1. Reaksi alergi seperti muncul ruam merah, gatal, pembengkakan, mata berair, hingga sesak napas. Reaksi ini bisa muncul pada pasien yang memiliki alergi terhadap asam folat atau kandungan lainnya dalam suplemen.
  2. Gangguan pencernaan meliputi perut kembung, mual, muntah, sakit perut.
  3. Gangguan sistem saraf pusat yang berdampak pada kesulitan tidur, sulit konsentrasi, cemas, mudah marah, bingung, hingga depresi.
  4. Efek samping di atas adalah efek samping yang pernah terjadi dari penggunaan suplemen ini, tapi tentunya intensitasnya sangat sedikit

Jika samping diatas anda alami selama mengkonsumsi folavit atau asam folat hentikan penggunaannya dan seger konsultasikan dengan dokter pribadi anda.

Namun sebagai catatan pemakaian asam folat aman sebenarnya tergolong aman untuk promil, tapi tentu jangan mengkonsumsi secara berlebihan.

Selain itu anda harus memerhatikan penggunaan asalm folat pada penderita gangguan ginjal, pecandu alkohol, penderita anemia hemolitik, anemia pernisiosa, dan jenis anemia lain yang belum diketahui penyebabnya.

Asam folat yang dikandung Folavit  juga bisa kamui dapatkan dengan mengonsumsi makanan dengan asam folat tinggi seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, daging unggas, ikan salmon, susu, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa fakta mengenai efektivitas folavit untuk promil, yang bisa kami berikan untuk anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.