oleh

Manfaat Ikan Patin Kaya Kandungan Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Ikan patin termasuk jenis ikan yang banyak digemari di Indonesia. Selain karena rasanya yang enak dan lembut, ikan yang hidup di air tawar ini juga memiliki banyak kandungan gizi.

Pada umumnya, ikan patin memiliki bentuk panjang dengan warna putih perak dan punggung berwarna kebiruan. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan untuk pelengkap nasi. Ikan patin memiliki kandungan vitamin, mineral, dan protein yang melimpah dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Oleh karena itu, ikan patin sangat cocok dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari di rumah.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Sehatq.Com, Rabu (15/7/2020) untuk mengetahui lebih lanjut, berikut manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat ikan patin bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini berkaitan dengan kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di dalam ikan patin ini. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Hal ini yang membuat manfaat ikan patin sebagai pencegah datangnya berbagai penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Manfaat ini juga membuat ikan patin aman dikonsumsi oleh Anda yang mengidap penyakit jantung koroner.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat ikan patin selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan lemak tak jenuh di dalam ikan patin dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Pasalnya, ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol. Dalam 100 gram ikan patin saja, hanya terdapat 21-30 gram kolesterol.

Menyehatkan Otot

Manfaat ikan patin juga dapat membantu menyehatkan otot. Kandungan protein pada daging ikan patin ini membuatnya sangat efektif untuk menambah massa otot, memperkuat otot, mengencangkan otot, menjaga daya tahan dan imunitas tubuh, sampai menambah kekuatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat ikan patin selanjutnya dipengaruhi kandungan fosfor dan kalsium. Jika Anda mengonsumsi ikan patin dengan tulangnya, Anda akan mendapatkan kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang.

Kalsium dan fosfor dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat tulang dan gigi, hingga mencegah osteoporosis.

Menyehatkan Janin dan Bayi

Bukan hanya untuk orang dewasa, manfaat ikan patin bagi kesehatan juga baik untuk bayi. Hal ini tentunya bagus dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Ikan Patin dapat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan janin selama masa kandungan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan DHA dan EPA yang tinggi pada ikan patin. Asam lemak esensial ini dikenal dengan Omega-3, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Omega-3 dipercaya mendukung kecerdasan anak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ikan patin, Anda harus mengolahnya dengan tepat. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak atau santan karena akan menambah kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : sehatq.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar