5 Manfaat Jamur Enoki untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Jamur Enoki untuk Kesehatan
Ilustrasi (alodokter.com)

PortalMadura.Com merupakan salah satu spesies yang tumbuh di Asia. Pada zaman dulu jamur ini digunakan untuk mengatasi gangguan perut serta menjaga tekanan darah dan organ hati. Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional dari Tiongkok.

Bentuknya yang mirip dengan tauge putih ini, membuat jamur enoki memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh untuk kesehatan Anda.

5 untuk Kesehatan

Dilansir dari laman Health.detik.Com, Sabtu (22/8/2020) berikut ini beberapa manfaat jamur enoki untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Bergizi

Selain rendah kalori, jamur enoki juga memiliki banyak kandungan gizi, dari vitamin, mineral, hingga antioksidan. Misalnya, kandungan vitamin B, seperti niasin, thiamin, dan riboflavin, yang semuanya penting bagi fungsi otak.

Kandungan antioksidan pada jamur enoki juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi dari penyakit kronis.

Baik untuk Jantung

Siapa sangka, jamur enoki yang memanjang dan kecil ini mampu melindungi organ vital Anda. Ekstrak jamur enoki mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Manfaat Jamur Enoki untuk Kesehatan

Jamur enoki juga mengandung serat jenis beta-glukan yang efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Memerangi Sel Kanker

Jamur enoki dianggap berpotensi menjadi obat untuk mengatasi kanker karena mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Jamur enoki didapati bisa mengurangi kanker hati.

Tidak hanya itu, riset lain juga menemukan bahwa jamur enoki dapat menghambatsel kanker payudara. Meskipun demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk menelaah manfaat jamur enoki yang satu ini.

Baca juga: Manfaat Teripang Emas Untuk Kesehatan

Tinggi Serat

Umumnya terdapat 1,8 gram serat dalam satu porsi jamur enoki. Karena itu, mengonsumsi jamur enoki sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, menurut sebuah studi, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat melindungi seseorang dari masalah kesehatan, seperti sembelit dan wasir.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menemukan, kandungan senyawa protein pada jamur enoki dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Jamur Enoki untuk Kesehatan
Jamur Enoki untuk Kesehatan

Selain itu, penelitian dari Taiwan juga menunjukkan, jamur enoki efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi pertumbuhan tumor.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.