oleh

Manfaat Jeruk Lemon yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Jeruk lemon merupakan salah satu buah yang kaya manfaat. Di balik rasanya yang asam, buah ini menyimpan manfaat yang begitu beragam, mulai dari kecantikan sampai kesehatan. Biasanya, jeruk lemon sering dijadikan sebagai bahan minuman.

Ada banyak nutrisi sehat yang bisa ditemukan dalam jeruk lemon seperti folat, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, niasin, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Hebatnya, jeruk lemon ini untuk kecantikan salah satunya, bisa menyehatkan rambut sekaligus membuat kulit tampak lebih cantik. Buah ini juga bisa mengatasi jerawat, mencegah kanker.

Untuk pengolahan jeruk lemon, Anda bisa membuatnya menjadi minuman hangat atau bisa juga dicampur dengan es untuk menambah kesegaran dari minuman sehat yang satu ini. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam bahan makanan hingga dibuat menjadi masker untuk kecantikan.

Begitu banyak manfaat jeruk lemon, dilansir dari PortalMadura.Com, Kamis (27/2/2020) dari regopantes.com berikut manfaatnya:

Mengatasi Jerawat

Jeruk lemon ini sangat bagus untuk mengatasi jerawat yang timbul pada wajah Anda. Cara pemakaiannya, iris jeruk menjadi beberapa bagian lalu gunakan untuk menggosok wajah di bagian yang timbul jerawatnya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi selama beberapa hari supaya jerawat bisa segera hilang.

Mencegah Kanker

Manfaat jeruk lemon selanjutnya mampu mencegah kanker. Di dalam kandungan lemon terdapat 22 senyawa anti kanker seperti halnya limonin yang dikenal ampuh dalam memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Ada juga kandungan flavonol glikosida yang bagus untuk menghentikan pembelahan dari sel kanker.

Mengandung Sifat Anti Bakteri

Jeruk lemon memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri. Kandungan ini bagus untuk mematikan bakteri serta virus dengan sifat asamnya. Anda juga bisa mengonsumsi jeruk lemon, ketika saat sakit tenggorokan ataupun sakit perut. Karena sifat anti bakteri akan membunuh virus dan bakteri.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Putih

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk lemon cukup tinggi. Sehingga, kandungan ini bagus dalam meningkatkan produksi sel darah putih yang baik, untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Buah yang satu ini juga mampu melindungi sel dari terjadinya kerusakan oksitatif.

Baca Juga : Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mengatasi Terjadinya Gangguan Pencernaan

Manfaat jeruk lemon juga bagus untuk mengatasi terjadinya gangguan pencernaan dan juga sembelit. Anda bisa mengonsumsi jenis jeruk sehat satu ini untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar hingga menghindarkan Anda dari sakit perut.

Menghindari Masalah Tekanan Darah

Konsumsi buah jeruk lemon secara teratur mampu mengurangi masalah tekanan darah seperti mual, pusing dan lain-lain. Buah yang satu ini juga bagus untuk menenangkan tubuh serta untuk mengurangi depresi.

Menurunkan Berat Badan

Dikhususkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan berlebih, Anda bisa langsung mengonsumsi jeruk lemon sebagai salah satu solusinya. Karena, konsumsi lemon yang mengandung pektin membuat perut terasa lebih kenyang sekaligus bagus untuk menghidrasi tubuh.

Mengatasi Kemunculan Stretch Marks

Selanjutnya, manfaat jeruk lemon untuk mengatasi kemunculan stretch marks. Tahukah Anda apa itu Strecth marks?. Strecth marks merupakan salah satu guratan dengan warna putih yang terkadang juga berwarna agak kemerahan yang muncul di beberapa bagian tubuh. Gejala seperti ini, bisa diatasi dengan menggunakan buah jeruk lemon.

Meremajakan Kulit

Manfaat selanjutnya adalah untuk meremajakan kulit. Anda bisa menggunakan lemon untuk mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan seperti halnya keriput, garis halus dan tanda penuaan dini lainnya.

Mengatasi Komedo

Jeruk lemon juga bermanfaat untuk membantu Anda terbebas dari gangguan komedo. Lemon mengandung sitrat yang bagus untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang menyebabkan kemunculan komedo hitam dan komedo putih.

Itulah 10 manfaat jeruk lemon yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Azizah
Sumber : regopantes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar