10+ Manfaat Jus Jambu Merah Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Tim PortalMadura.com
Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan
Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan

PortalMadura.com– Pada artikel ini kami akan mengulas manfaat untuk kesehatan. Seperti yang kita ketahuo bersama Jambu merah telah dikenal memiliki banyak khasiat dan salah satu cara mendapatkan manfaatnya dengan mengolah menjadi jus.

Manfaat tidak lepas dari kandungan nutrisinya seperti mineral dan vitamin. Bahkan jambu biji merah kaya akan vitamin C, vitamin A, potasium, dan antioksidan.

Selain itu, buah ini mengandung nutrisi lain seperti serat, zat besi, protein, magnesium, dan asam folat, namun tidak banyak.

Manfaat kesehatan dari biji tidak diragukan lagi. Bahkan makan jambu biji merah bisa mencegah penyakit berbahaya.

Dengan berbagai manfaat dan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda, Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur.

Manfaat Jus Jambu Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Jus Jambu Merah

Berikut ini bergam manfaat jus jambu merah untuk kesehatan yang berhasil kami himpun dari berbagai sumnber:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jus jambu merah yang pertama adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Jambu biji sendiri merupakan buah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat menghindarkan tubuh manusia dari berbagai penyakit.

Jambu biji atau jambu biji merah juga merupakan buah yang tinggi vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada jambu biji melebihi yang ada pada jeruk.

Vitamin C pada jambu merah dapat digunakan untuk mengurangi resiko penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, dan membantu tubuh menyerap zat besi.

2. Mengaktifkan saluran pencernaan

Manfaat kesehatan dari jus jambu biji merah adalah dapat melancarkan saluran pencernaan. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, sehingga mencegah sembelit dan memastikan bakteri baik di saluran pencernaan Anda tetap bekerja.

3. Mencegah kanker

Manfaat jambu biji merah juga memiliki manfaat pencegahan kanker. Hal ini karena jambu biji mengandung antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker.

Kandungan vitamin C dosis tinggi di dalamnya sebagai antioksidan juga membantu menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat pada buah jambu biji saja, tetapi juga pada daunnya.

4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Manfaat jus jambu biji terbukti efektif dalam menjaga tekanan darah. Hal ini karena kandungan potasium membantu melindungi tubuh dari pengaruh luar yang dapat mengganggu kesehatan tekanan darah. Sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, konsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Ini karena jambu biji merah kaya akan vitamin C dan serat.

5. Mencegah

Karena kandungan seratnya, manfaat jus jambu biji juga bisa menjadi obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu, buah ini juga terbukti dapat mencegah lonjakan gula.

Dalam sebuah penelitian, jambu biji ditemukan secara signifikan mengurangi gejala diabetes dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh proses inflamasi dan oksidatif pada penderita diabetes. Konsultasikan dengan dokter sebelum dikonsumsi.

6. Mencegah demam berdarah

Anda mungkin sudah sering mendengar manfaat jus jambu biji ini yaitu efektif mencegah penyakit demam berdarah. Bahkan menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji dipercaya dapat menghambat pertumbuhan virus dengue.

Daun jambu biji yang dimasak juga diduga dapat mengurangi risiko perdarahan pada penderita DBD dan dapat meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Tapi itu tidak hanya terbatas pada herbal.

Anda harus selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi medis dan penggunaan berbagai obat alternatif.

7. Bagus Untuk Kesehatan Mata

Manfaat lain dari jus jambu biji adalah menyehatkan mata. Vitamin A yang terkandung dalam jambu biji dapat mencegah infeksi mata dan penyakit mata. Tidak hanya itu, vitamin A juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

8. Kulit sehat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan vitamin A pada jambu biji sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini juga mampu mengais senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah penuaan dini. Maka tidak heran jika dengan kandungan tersebut manfaat jus jambu biji sangat bagus untuk kecantikan kulit Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.