Manfaat Pisang untuk Mengatasi Darah Rendah atau Hipotensi

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Pisang untuk Mengatasi Darah Rendah atau Hipotensi
Manfaat Pisang untuk Mengatasi Darah Rendah atau Hipotensi

PortalMadura.com- Pisang adalah buah yang sangat populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan manfaatnya yang baik bagi kesehatan.

Salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati hipotensi atau tekanan darah rendah secara alami.

Apa itu Hipotensi?

Hipotensi adalah kondisi tekanan darah yang rendah, yaitu di bawah batas normal yaitu kurang dari 120/80 mmHg. Kondisi ini berbeda dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang kerap dikaitkan dengan risiko penyakit kronis seperti jantung sampai stroke.

Hipotensi juga memerlukan penanganan yang tepat karena dapat berakibat fatal dan memicu penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal.

Kandungan Nutrisi Pisang yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Pisang mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi pasien hipotensi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 109 kalori, serat, gula alami, karbohidrat, protein nabati, vitamin C, folat, vitamin A, asam folat dan sejumlah mineral penting seperti potasium dan kalium.

Pisang dikategorikan sebagai sumber potasium yang baik untuk mengelola tekanan darah. Menurut banyak penelitian, mengonsumsi sumber asupan yang kaya akan potasium dan rendah sodium seperti pisang dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

Pisang mengandung nutrisi penting seperti kalium, folat, vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Kandungan nutrisi inilah yang membuat pisang menjadi obat alami yang baik untuk mengatasi hipotensi.

Manfaat Pisang  Mengatasi Darah Rendah Secara Alami

Berikut adalah beberapa manfaat pisang dalam mengatasi hipotensi:

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Potasium adalah nutrisi penting yang ditemukan dalam pisang. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi makanan yang kaya potasium dan rendah natrium seperti pisang dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

Bahkan Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan di Amerika Serikat merekomendasikan diet kaya potasium dan rendah natrium sebagai cara efektif untuk menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

3. Membantu Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Pisang juga mengandung kalium yang membantu ginjal menjaga keseimbangan cairan tubuh. Keseimbangan cairan tubuh yang stabil sangat penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Oleh karena itu, konsumsi pisang secara teratur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal.

4. Meningkatkan Kadar Zat Besi dalam Tubuh

Pisang mengandung zat besi yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah yang cukup dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

5. Rekomendasi Konsumsi Pisang untuk Hipotensi

Meskipun pisang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, konsumsi pisang harus dilakukan dengan bijak. Jumlah konsumsi pisang yang dianjurkan untuk pasien hipotensi adalah satu buah pisang ukuran sedang per hari.

Namun, jika ada kondisi kesehatan lain yang membatasi konsumsi pisang, konsultasikan dengan dokter untuk menentukan jumlah konsumsi pisang yang tepat.

Menurut studi, pada pasien hipertensi, jumlah makan pisang yang disarankan tidak lebih dari dua buah pisang sehari selama satu minggu. Namun, pasien hipotensi harus mengonsumsi pisang secara teratur untuk mengoptimalkan manfaatnya dalam mengatasi hipotensi.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.