oleh

Manfaat Salat Asar untuk Kehidupan

PortalMadura.Com – Salat merupakan rukun Islam kedua yang wajib dikerjakan umat Muslim. Selain mendapatkan pahala, mengerjakan ibadah yang satu ini juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya saat mengerjakan salat Asar.

Biasanya, mayoritas umat Islam membagi aktivitas mereka menjadi dua tahap. Nah, tahap kedua ini dimulai setelah salat Asar. Dengan melaksanakan salat Asar bisa mengusir kemalasan, memulihkan tubuh setelah makan, tidur, dan beristirahat, memulihkan peredaran darah, meratakan penyebaran aliran darah pada seluruh anggota tubuh, dan menyalurkan energi yang dibutuhkan untuk memulai pekerjaan, melansir dari Islampos.com, Rabu (2/10/2019).

Rasulullah juga menghubungkan salat Asar dengan Subuh karena di waktu tersebut terdapat keutamaan yang besar. Sebagaimana firman Allah SWT: “Peliharalah segala salat(mu), dan (peliharalah) salat wustha (ashar),” (Al-Baqarah : 238).

Loading...

Baca Juga: Keutamaan Menjaga Salat Asar yang Jarang Diketahui

Selain itu, Rasulullah bersabda: “Para malaikat mengawasi kalian dengan bergantian antara malam dan siang. Mereka kemudian berkumpul pada waktu salat Subuh dan salat Asar. Lalu malaikat yang mengawasi di malam hari naik ke atas. Maka Tuhan bertanya meski Dia lebih tahu dari mereka, ‘Bagaimana kalian meninggalkan hamba-hamba-Ku?’ Para malaikat menjawab, ‘Ketika kami pergi, mereka sedang melaksanakan salat. Dan ketika kami datang, mereka juga sedang melaksanakan salat,” (HR Bukhari).

“Siapa saja yang tidak melaksanakan salat Asar, maka amal perbuatannya akan hilang sia-sia,” (HR Bukhari).

Apalagi, mayoritas umat Islam mengakhiri pekerjaan mereka setelah salat Asar tiba. Dengannya, salat Asar dapat menjadi penyembuhan efektif dari segala sesuatu yang dilalui pada hari itu, seperti kendala-kendala emosional, ketegangan, dan kelelahan.

Rewriter : Salimah
Sumber : islampos.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE