Manfaat Sayur Bayam bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Sayur Bayam bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak kenal ? Sayur yang berwarna hijau ini sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai sayur pecel, sayur bening, Kripik bayam dan lain sebagainya. Rasanya yang enak, murah serta mudah didapat menjadikan sayuran ini banyak disukai.

Apalagi jika Anda tahu berbagai manfaat yang terdapat pada sayuran bayam, tentunya Anda akan lebih sering mengonsumsinya. Manfaat bayam baik bagi ibu hamil, orang yang sedang dan manfaat sehat lainnya. Namun ternyata, dibalik banyak manfaat yang terkandung pada sayuran bayam, ada juga bahaya jika dikonsumsi tidak semestinya.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (6/1/2020) dari laman tanimuda.com. Berikut beberapa manfaat dan bahaya bayam:

Bayam

manfaat sayur bayam
Ragam Manfaat Sayur Bayam untuk (Foto: Dok istimewa)

Manfaat bayam bagi tubuh yaitu jika sudah di jadikan sayur dan di konsumsi maka akan menimbulkan manfaat untuk tubuh. Daun bayam tersebut biasanya diolah dengan berbagai macam sajian oleh masyarakat pencinta bayam. Sayur ini juga di konsumsi oleh semua usia mulai dari anak kecil umur di bawah 5 tahun sampai lanjut usia.

Sayur ini juga bagus untuk proses penyembuhan bagi orang-orang yang baru saja sembuh dari sakit. Manfaat utama sayur bayam yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. serta bagian akar dari tanaman bayam biasanya digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit diare.

Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil

Manfaat bayam untuk ibu hamil
Manfaat Sayur Bayam (foto: istimewa)

Sayuran bayam merupakan jenis sayuran sehat yang biasa di konsumsi oleh ibu hamil. Namun, tetap ada manfaat dan bahaya bayam juga kesehatan ibu hamil. Berikut ini akan di jelaskan kenapa seorang ibu hamil harus konsumsi sayur bayam. Karena sayur ini sehat dan baik untuk ibu hamil maupun janinnya.

Bayam merupakan jenis sayuran yang dapat hidup di mana saja. Harga sayuran ini di pasar juga sangat murah. Namun, selain murah dan mudah di temui ternyata bayam juga memiliki manfaat yang banyak. Kandungan vitamin, mineral dan zat besi pada bayam sangat baik untuk kesehatan. Berikut manfaat bayam bagi ibu hamil:

1. Asam Folat dalam Daun Bayam yang Tinggi

Kandungan asam folat pada bayam cukup tinggi. Seperti yang diketahui bahwa asam folat sangat penting untuk ibu hamil. Zat ini berfungsi untuk membantu pembentukan tabung saraf pada masa awal pertumbuhan janin di usia muda kehamilan.

Konsumsi sayur bayam secara teratur pada ibu hamil juga dapat mencegah terjadinya bayi lahir cacat, berat badan kurang dan lain sebagainya. Jika Anda ibu hamil dan kekurangan asam folat dalam tubuh anda maka akan timbul efek lelah, nafsu makan berkurang, radang gusi, mudah lupa hingga gangguan pencernaan.

2. Mencegah Terjadinya Anemia pada Ibu Hamil

Dalam hal ini manfaat sayur bayam bisa untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, kenapa? Karena kandungan kalsium dan zat besi dalam tanaman bayam berperan sebagai zat pembantu dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga kebutuhan darah bagi ibu hamil dan kebutuhan darah bagi rahim terpenuhi dengan baik.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Bayam dapat menyebabkan tekanan darah pada ibu hamil menurun. Karena kandungan nitrat dalam sayur bayam mampu mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah sehingga tekanan darah menjadi normal. Jika sang ibu menderita hipertensi maka mengkonsumsi bayam menjadi pilihan yang benar untuk menurunkan tekanan darahnya.

4. Mengurangi Nyeri Kehamilan dan Melancarkan Saluran Pencernaan

Ibu hamil biasanya memiliki banyak keluhan salah satunya yaitu keluhan terhadap rasa nyeri yang biasa terjadi di kehamilan usia 4 bulan ke atas. Nyeri tersebut biasanya terjadi karena berat badan bertambah serta perubahan hormon tubuh secara cepat sehingga tulang dan otot terasa nyeri.

Selain itu, ibu hamil tua biasanya juga mengalami masalah pada saluran pencernaan. Mulai dari susah buang air besar hingga diare, dalam hal ini anda akan mendapatkan manfaat sayur bayam yang sangat membantu anda. Karena kandungan serat yang tinggi dalam bayam akan membantu melancarkan sistem pencernaan anda.

Untuk mengatasi masalah nyeri pada ibu hamil, sayur bayam memiliki kandungan agen anti inflamasi dan glikolipid yang mampu meredakan rasa nyeri pada sendi dan otot ibu hamil. Akibat pertumbuhan janin dan berat badan yang terus meningkat.

5. Membantu Pertumbuhan Organ Dalam Janin dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu

Kandungan beta karoten dalam ibu hamil mampu membantu proses pembentukan organ dalam pada janin. Seperti pembentukan paru- paru pada janin. Selain itu kandungan beta karoten bayam yang kemudian di ubah menjadi vitamin A oleh tubuh ibu, mampu membuat pertumbuhan berat badan janin menjadi tercukupi ketika lahir.

Kandungan vitamin C pada bayam mampu meningkatkan stamina tubuh sehingga ketika tubuh dalam kondisi sehat mampu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh ibu dan janin.

Baca JugaKonsumsi, 4 Sayuran Hijau Ini Bisa Bikin Anda Makin Cantik

Manfaat Sayur Bayam Untuk Diet

manfaat sayur bayam
Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan (Foto: google.com)

Berat badan yang berlebihan dan tidak proporsional tentu membuat anda tidak percaya diri dengan bentuk tubuh anda. Selain itu berat badan yang berlebihan juga bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Oleh karena hal tersebut banyak orang yang mengkonsumsi sayur bayam untuk tujuan diet, kenapa? Berikut penjelasannya:

1. Kandungan Serat dalam Bayam Tinggi

Kandungan serat yang tinggi pada bayam biasanya digunakan oleh pelaku diet untuk mencegah rasa lapar dalam waktu yang lama. selain itu juga serat dalam bayam baik untuk melancarkan saluran pencernaan.

2. Kalori dalam Bayam Cukup Rendah

Semua orang tentunya mengetahui bahwa dalam diet Anda harus mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Anda bisa melakukannya salah satunya dengan memaksimalkan manfaat sayur bayam dengan mengkonsumsinya secara rutin. Karena kalori dalam bayam ini cukup rendah dengan serat yang baik untuk diet cukup tinggi.

3. Kandungan Karbohidrat dalam Bayam

Karbohidrat dalam semangkuk sayur bayam sudah mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda setara dengan Anda makan satu porsi nasi. Sehingga bagi yang proses diet maka dengan mengkonsumsinya sayur saja sudah mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda.

4. Bayam Kaya akan Kandungan Air

Selain karena karbohidrat, serat dan kalori dalam bayam, bayam juga kaya akan kandungan air. Sehingga dapat mencegah dehidrasi pada tubuh. tubuh tetap sehat dan kuat untuk melaksanakan aktivitas.

Bahaya Sayur Bayam

Manfaat dan bahaya bayam memang dua hal yang tidak bisa di sepelekan. Bayam memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun juga berbahaya jika di konsumsi tidak sesuai aturan atau cara penyajiannya tidak sesuai prosedur. Bahaya bayam bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1.Dapat Memicu Terjadinya Batu Ginjal

Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan purin, senyawa organik. Jika senyawa tersebut di konsumsi dalam jumlah yang banyak, bisa menyebabkan terbentuknya asam urat dalam tubuh. sementara jika seseorang kelebihan asam urat sangat tidak baik bagi kesehatan ginjal.

Asam urat yang tinggi dalam tubuh dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Selain asam urat kandungan asam oksalat dalam bayam juga memiliki peran dalam pembentukan batu ginjal ketika bergabung dengan mineral dalam tubuh.

2. Keracunan

Sayur bayam merupakan sayur yang sekali masak harus langsung habis, karena jika sayur bayam di konsumsi lebih dari 6 jam dari waktu memasak dapat menyebabkan keracunan. Selain karena waktu masak yang lebih lama, bayam yang di konsumsi mentah atau kurang matang juga menyebabkan keracunan jika tanamannya terkontaminasi oleh bakteri pada feses.

Bahaya sayur bayam dapat dicegah dan di hindari dengan cara pola makan sayur bayam yang baik dan sesuai kebutuhan tubuh serta cara memasak dan cara konsumsi yang benar. Sehingga manfaat sayur bayam dapat diperoleh secara maksimal dan bahayanya dapat dihindari.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.