Manfaat Teripang, Asupan Tubuh Kuatkan Sistem Imun

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Teripang, Asupan Tubuh Kuatkan Sistem Imun

oleh : Ita Ainur Rohmah*

PortalMadura.Com – Yuuk kenalan lebih dekat dengan teripang. Teripang si hewan laut tak bertulang belakang, berbentuk silindris dengan panjang antara 14-25 cm, berwarna putih hingga hitam dan bertekstur kenyal.

Teripang sangat mudah di temui di perairan Indonesia dan tersebar mulai dari perairan dalam hingga dangkal.

Merupakan salah satu hewan yang memiliki anekaragam spesies yang tinggi, dengan kekayaan kurang lebih 1.200 spesies dan kurang lebih 350 jenis berada di perairan Indonesia.

Indonesia banyak mengekspor teripang ke negara Tiongkok. Masyarakat China telah banyak memanfaatkan sebagai suplemen tubuh.

Masyarakat China menyebutnya sebagai gingseng laut dan sudah lama dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Biasanya warga China mengolah teripang untuk dijadikan sup untuk suplemen tubuh.

Secara kefarmasian memiliki segudang manfaat. Teripang yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan timun laut atau blonyo oleh warga pesisir Jawa Timur memilki berbagai kandungan gizi yang baik.

Apalagi dikosumsi dimasa endemi ini. Siapa sangka hewan laut yang sebagian masyarakat merasa geli karena bentuknya yang aneh ini, memiliki segudang manfaat.

Kandungan gizinya cukup lengkap, di antaranya 9 jenis karbohidrat, 59 jenis asam lemak, 19 jenis asam amino, 25 vitamin dan 10 jenis mineral, serta mengandung kurang lebih 82% protein.

Kandungan nutrisi yang lengkap tersebut dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan dari tubuh.

Manfaatnya telah banyak diteliti seperti sebagai antikanker dan antibakteri.

Beberapa daerah di Indonesia telah berhasil memanfaatkan teripang sebagai olahan makanan.

Selain itu, sering dijadikan sebagai olahan kerupuk oleh masyarakat sekitar pesisir Surabaya-Madura. Biasanya disebut dengan kerupuk Blonyo.

Masyarakat nelayan di Kecamatan Socah Madura menjadikan teripang sebagai olahan kerupuk khas daerah yang biasa disebut dengan kerupuk blonyo dengan bentuknya lonjong serta terung berbentuk bulat.

Kerupuk ini memiliki oenampakan warna yang hitam dengan tekstur garing dan kriuk dengan rasanya cenderung asin.

Jadi, selain mejadi komoditi ekspor, teripang juga sangkat baik dikonsumsi untuk kesehatan dan juga dapat mejadi alternatif pangan fungsional.

Teripang tidak hanya mengenyangkan namun juga memiliki kandungan manfaat bagi kesehatan.(**)

*Pengirim: Mahasiswa UTM Bangkalan

“Redaksi PortalMadura.Com menerima tulisan opini, artikel dan tulisan lainnya yang sifatnya memberi sumbangan pemikiran untuk kemajuan negeri ini. Dan semua isi tulisan di luar tanggung jawab Redaksi PortalMadura.Com”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.