oleh

Manfaat Tersembunyi Dari Jantung Pisang, Berikut Ulasannya

PortalMadura.Com – Di kalangan masyarakat Jantung Pisang masih jarang diketahui. Salah satu bagian dari Pohon Pisang ini kebanyakan dibuang karena dianggap tidak beguna, padahal Jantung Pisang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jantung Pisang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayuran ini dapat diolah dengan berbagai cara. Biasanya jantung pisang diolah dengan cara ditumis, digoreng, atau dijadikan gulai. Dikatakan sayuran karena Jantung Pisang mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, beragam Mineral, Asam Lemak, Flavonoid, Tannin, Saponin, Glikosida, hingga Steroid, yang tidak jauh berbeda dengan sayuran lainnya.

Berikut PortalMadura.Com telah merangkum 5 manfaat Jantung Pisang bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari laman Liputan6.Com, Jumat (15/5/2020).

Menangkal Radikal Bebas
Ekstrak Jantung Pisang mengandung Antioksidan yang mampu mencegah Stres Oksidatif. Senyawa Polifenol dan Flavonoid dari Ekstrak Jantung Pisang dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA akibat Iron-Mediated Fenton (reaksi dari senyawa radikal bebas). Jadi, mengonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk mencegah sakit gangguan saraf seperti Parkinson dan Alzheimer yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak
Manfaat lainnya dari Jantung Pisang adalah dapat mengatasi masalah pembesaran Prostat jinak atau Benign Prostatic Hyperlapsia. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria dan ditandai dengan melemahnya kandung kemih, sehingga urine tidak keluar seluruhnya.

Mencegah Komplikasi Diabetes
Jantung Pisang juga dapat mengurangi terjadinya berbagai komplikasi. Manfaat sayur Jantung Pisang berikutnya adalah untuk mengurangi komplikasi diabetes melitus, yakni salah satu komplikasi terkait diabetes adalah hiperglikemia.

Menurunkan Berat Badan
Kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu siapapun yang berusaha menurunkan berat badan. Agar manfaat sayur jantung pisang untuk menurunkan berat badan lebih maksimal, Anda bisa menggunakan jantung pisang sebagai campuran bahan Salad atau Sup.

Mengurangi Perdarahan saat Menstruasi
Manfaat sayur jantung pisang selanjutnya dapat dirasakan oleh wanita yang sedang menstruasi. Hal ini terkait dengan perdarahan dan sakit perut yang biasanya kamu rasakan saat menstruasi. Mengonsumsi jantung pisang bisa meningkatkan Progesteron yang mengurangi perdarahan berlebih dan sakit perut saat menstruasi.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber: Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar