Manfaat Tidur Gelap Bagi Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Tidur Gelap Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (health.grid.id/torwaiphoto)

PortalMadura.Com – Tidur gelap tanpa lampu menjadi suasana yang tepat bagi tubuh dan mata Anda untuk beristirahat lebih nyaman. Walaupun kelihatannya sepele, kebiasaan tidur dengan lampu kondisi mati ternyata sangat berpengaruh. Membiasakan diri untuk tidur gelap tentunya baik bagi tubuh jika rutin dilakukan.

Dilasnir dari laman Merdeka.Com, Minggu (14/6/2020) Tidur gelap tanpa lampu memberi manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama yang akan Anda peroleh ketika tidur dalam keadaan ruangan gelap adalah meningkatnya sistem kekebalan tubuh akibat dari peningkatan produksi hormon melatonin yang mengakibatkan tidur menjadi lebih nyenyak.

Mencegah Kanker

Tidur gelap tanpa lampu ternyata memiliki peran penting bagi tubuh dalam mencegah kanker. Salah satu hal ringan yang mampu memberi efek besar. Karena cahaya bisa menghambat sekresi hormon melatonin yang secara alami diproduksi selama tidur.

Hormon melatonin juga dipercaya mampu mencegah serangan jantung, kesuburan wanita, sebagai efek antioksidan dan antiperadangan bagi tubuh.

Mengurangi Depresi

Manfaat tidur gelap tanpa lampu berikutnya yakni mampu mengurangi depresi. Gangguan tidur atau kualitas tidur yang buruk, disebabkan dari lampu menyala bisa dihubungkan dengan tingkat depresi.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat tidur gelap tanpa lampu selanjutnya yakni menjaga kesehatan mata. Paparan cahaya kamar yang terang akan mempersingkat durasi melatonin untuk bekerja sekitar 90 menit, dibanding paparan cahaya redup.

Cahaya terang tetap direspon secara tidak sadar oleh kelopak mata. Ketika gelap maupun cahaya redup, maka kondisi mata akan benar-benar istirahat dengan optimal.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu anfaat tidur gelap tanpa lampu yang luar biasa. Orang yang menerima banyak paparan cahaya ketika tidur memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada mereka yang tidur gelap tanpa lampu.

Mencegah Diabetes

Manfaat tidur gelap ternyata juga mampu mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Orang dengan diabetes mendapatkan paparan cahaya lebih terang selama 4 jam sebelum tidur.

Termasuk yang diterima dari televisi dan gadget, karena alat elektronik telah terbukti mampu menekan hormon melatonin daripada sumber cahaya lain.

Membuat Mood Baik Saat Bangun

Tidur tanpa menggunakan pencahayaan lampu ternyata dapat mengontrol emosi sehingga menjadi lebih seimbang. Lancarnya produksi melatonin juga berakibat pada meningkatnya hormon serotonin yang bertugas sebagai penghasil mood baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.