Mari Mulai Aktifitas dengan 4 Nutrisi Wajib Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Mari Mulai Aktifitas dengan 4 Nutrisi Wajib Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Beberapa orang berpendapat bahwa sarapan adalah waktu makan paling penting dalam satu hari. Namun hal tersebut bisa menjadi benar apabila nutrisi yang kita konsumsi saat sarapan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Akan percuma jika sarapan kita hanya mengandung tinggi kalori supaya mendapat energi yang banyak. Justru hal tersebut bisa membuat perut kita merasa lapar lebih cepat dari yang seharusnya.

Dikutip dari Healthy Eating, Ini dia urutan nutrisi yang paling penting dikonsumsi ketika memulai beraktivitas.

Protein

Tujuan utama dari kita sarapan adalah menyediakan cadangan energi untuk melakukan aktvitas seharian. Bila anda sering merasa kelaparan sebelum waktu makan siang, bisa jadi karena kekurangan nutrisi protein.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh European Journal of Clinical Nutrition mengonsumsi sarapan tinggi protein seperti telur dan daging lebih efektif menahan rasa lapar selama seharian penuh.Beberapa asupan nutrisi tinggi protein yang bisa dikonsumsi selain telur dan daging adalah susu, keju serta kacang.

Serat

Nutrisi yang satu ini sangat bermanfaat untuk membantu tubuh cepat menyerap nutrisi yang dikonsumsi saat sarapan. Selain itu juga serat membantu melancarkan sistem pencernaan seseorang.

Serat dapat kamu temui di sayur dan buah seperti wortel, brokoli, alpukat dan pisang. Buah dan sayur tersebut bisa kamu tambahkan pada oats yang juga memiliki tinggi serat.

Karbohidrat

Bagi kamu yang sedang melakukan diet, mungkin nutrisi yang satu ini tidak begitu populer di menu makanan yang sering dikonsumsi. Karbohidrat tetap diperlukan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi utama untuk tubuh, terutama karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks juga memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Nutrisi ini bisa ditemukan di menu sarapan berbahan dasar gandum dan kacang-kacangan

Lemak baik

Lemak baik atau biasa kita kenal dengan lemak omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak serta konsentrasi ketika beraktivitas. Dalam studi yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition tahun 2018 menemukan bahwa asam lemak omega-3 mampu meningkatkan mood seseorang sera mengurangi depresi. Asam lemak omega-3 bisa kamu temukan di makanan seperti ikan salmon, biji chia dan kuning telur.

Itulah beberapa nutrisi yang wajib anda lahap sebelum melakukan aktifitas agar tubuh kita tetap terjaga staminanya. Semoga bermanfaat. (detik.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.