Masa MPLS, Siswa Baru Dikenalkan Pohon Mangrove di Pantai eKasoghi Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Masa MPLS, Siswa Baru Dikenalkan Pohon Mangrove di Pantai eKasoghi Sumenep
Suasana MPLS di Wisata Pantai eKasoghi Saronggi Sumenep (eKasoghi for @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Wisata Pantai eKasoghi, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, menjadi salah satu lokasi untuk mengenalkan pembibitan pohon mangrove bagi siswa baru, Rabu (20/7/2022).

Lokasi pembibitan ini diinisiasi oleh Pokmaswas “Reng Paseser” dan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam program pengabdian kepada masyarakat “dosen pulang kampung” yang nantinya diharapkan menjadi pusat pembelajaran mangrove di Kabupaten Sumenep

Pengenalan pembibitan pohon mangrove diikuti 117 siswa baru pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tahun ajaran baru 2022/2023. Ikut mendamping 20 guru dari SMPN 2 Saronggi, Sumenep.

“Dalam proses pengenalan pembibitan mangrove tersebut, siswa dikenalkan dengan inovasi pembibitan yang menggunakan hormon auksin dan ecopolybag yang disampaikan langsung oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB,” terang Manajer Wisata Pantai Ekasoghi, Sumenep Fadel Abu Aufa pada PortalMadura.Com.

Pengenalan pohon mangrove bagi siswa baru dinilai penting. Menurut Fadel, akan menumbuhkan kesadaran untuk menjaga keselamatan lingkungan bagi kader-kader bangsa dan dapat berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. “Ini sangat baik, dimana pihak sekolah peka terhadap keselamatan lingkungan,” katanya.

Pada penutupan MPLS tersebut, siswa baru dibuat happy dengan nuansa menggali potensi masing-masing siswa baru, seperti penampilan pembacaan puisi, menyanyikan lagu-lagu Madura, atraksi silat, penampilan tari muang sangkal dan tari nyello’ aeng.

“Ada juga beberapa happy game atau lomba-lomba hiburan berhadiah,” pungkas Fadel.(*)

Baca Juga:  Gaya hidup yang buruk dapat mengakibatkan peningkatan kolesterol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.