Masya Allah, Ini 9 Fakta ‘Maqam’ Ibrahim yang jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Masya Allah, Ini 9 Fakta 'Maqam' Ibrahim yang jarang Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi Anda yang telah melaksanakan rukun islam yang kelima ini tentu tidak asing lagi dengan salah satu tempat bersejarah di area Masjidil Haram. Ya, tempat itu adalah Maqam Ibrahim. Bagi Anda yang belum mengetahui tempat apakah itu? Perlu Anda ketahui bahwa Maqam merupakan kata dari bahasa Arab yang berarti tempat atau titik di mana dua kaki seseorang berada saat berdiri.

Sedangkan Maqam Ibrahim yakni merupakan batu bertualang yang digunakan oleh Nabi Ibrahim di seluruh pengembangan Kakbah. Selama pembangunan tingkat atas Kabah, Nabi Ibrahim berdiri di atas sepotong batu yang luas yang digerakkan bersamanya saat setiap area selesai.

Ketika Kakbah dibangun, potongan batu yang luas ditinggalkan di luar Kakbah, dekat dengan pembatas timur. Itulah yang kini dikenal sebagai Maqam Ibrahim.

Berikut ini fakta-fakta tentang maqam Ibrahim:

1. Tinggi Maqam Ibrahim adalah 20 cm; kedalaman satu jejak adalah 10 sentimeter dan kedua adalah 9 sentimeter.

2. Maqam Ibrahim ditemukan di depan pintu masuk Kakbah.

3. Salah satu fakta yang menakjubkan adalah bahwa batu yang dia pegang saat membangun Kakbah, berubah menjadi bagian yang lembut dan halus di mana kakinya tenggelam sehingga seseorang dapat melihat jejak kakinya di batu itu. Dan setelah beberapa ratus tahun, jejak kaki ada di batu yang terletak di sisi timur Kakbah.

4. Tempat yang berdiri saat ini adalah tempat di mana Nabi Ibrahim memanjatkan doa setelah selesainya pembangunan Kakbah kepada Allah. Jadi, ketika putaran ketujuh tawaf selesai, dianjurkan mengerjakan dua rakaat salat di tempat ini.

5. Selama pemerintahan Umar bin Al-Khattab, ia memindahkan tempat itu dan memindahkan Maqam lebih ke arah timur, sehingga orang-orang yang mencoba melakukan Tawaf dapat melakukannya dengan nyaman, tanpa menghalangi individu yang berdoa setelah menyelesaikannya. Tawaf mereka di sebelah Maqam Ibrahim.

6. Allah memerintahkan umat Islam untuk berdoa di samping Maqam Ibrahim. Hal tersebut seperti yang terdapat dalam Alquran mengenai maqam Nabi Ibrahim

Dan ambillah, dari tempat berdiri Ibrahim tempat doa…” (QS Al Baqarah: 125)

7. Batu ini dikirim dari surga ke Nabi Ibrahim bersama dengan 2 batu lagi. Yang satu adalah Hajar Aswad, dan yang kedua adalah batu anak-anak Israel.

8. Maqam Ibrahim tetap aman dan terlindungi bahkan setelah bertahun-tahun. Kelanjutan dan perlindungan batu ini sepanjang sejarah melawan musuh-musuh yang kuat menjadi mukjizat dari Allah.

9. Syekh Ibn ‘Uthaymeen mengatakan bahwa:

“Tidak diragukan lagi, kandang kaca dari Maqam Ibrahim terbukti dengan hormat tetapi pola terukir tidak tampak seperti jejak kaki yang sebenarnya karena secara historis lenyap lama sekali. Ini hanya sebagai penanda untuk menunjukkan di mana Ibrahim berdiri.”

Demikian mengenai yang jarang diketahui. Semoga informasi di atas menambah khazanah kita tentang islam. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.