Masya Allah, Ini Balasan Besar Bagi yang Rajin Selawat pada Hari Jumat

  • Bagikan
Masya-Allah,-Ini-Balasan-Besar-Bagi-yang-Rajin-Selawat-pada-Hari-Jumat
Ilustrasi (jatim.inews.id)

PortalMadura.Com – Sebagaimana diketahui, Jumat menjadi hari yang paling istimewa di antara hari lainnya. Ada banyak keberkahan yang seharusnya dimaksimalkan oleh seluruh umat Muslim untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dari Allah SWT.

Salah satu sunah di hari Jumat yaitu dengan memperbanyak selawat. Hal ini sudah dianjurkan atau diajarkan oleh Rasulullah sejak dahulu. Jadi, dengan membaca selawat, Anda akan mendapatkan keberkahan dan pahala.

“Hari Jumat itu adalah hari raya untuk umat Islam. Dikenal juga hari yang penuh keberkahan (Jumat Berkah),” jelas KH Abdullah Jaidi, seperti dilansir Okezone.com.

Ia menerangkan, hari Jumat juga memiliki banyak keberkahan. Pahala-pahala akan mengalir karena banyaknya amalan yang dilakukan pada hari Jumat.

“Keistimewaan hari Jumat pun tertulis dalam ayat-ayat Alquran, yakni diisi dengan amalan-amalan baik,” papar Kiai Jaidi.

Selain itu, hari Jumat merupakan waktu yang sangat tepat diijabahnya doa-doa umat Islam, karena Allah Subhanahu wa ta’ala membuka pintu doa dan harapan seluas-luasnya pada hari ini.

“Pada hari Jumat para malaikat berselawat dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, yakni mendoakan umat Islam supaya diberi keberkahan dan keselamatan,” tuturnya.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS Surah Al Ahzab: 56)

Lalu akan diperlihatkan kedudukan yang istimewa bagi Muslim yang berselawat kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ini seperti dijelaskan dalam riwayat hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Barang siapa berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat kepadanya sepuluh kali.” (HR Muslim Nomor 408)

Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam juga bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya: “Perbanyaklah selawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti” (HR Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadis ini hasan ligoirihi yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya). Wallahu A’lam.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.