Masya Allah, Ternyata Ini Amalan yang Paling Berat Pahalanya di Hari Kiamat

Avatar of PortalMadura.com
Masya Allah, Ternyata Ini Amalan yang Paling Berat Pahalanya di Hari Kiamat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama ini mungkin umat muslim mengira jika perkara yang di adalah salat, puasa, sedekah, dan amal ibadah lainnya. Akan tetapi bukan hanya itu saja, ternyata yang paling berat di akhirat yaitu .

“Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang Mukmin pada Hari Kiamat nanti selain akhlak mulia. Sesungguhnya Allah membenci orang yang berbuat keji dan berkata-kata keji,” (HR at-Tirmidzi).

Maka dari itu, selain memperbanyak ibadah, Anda juga dituntut untuk membekaskan ibadah Anda tersebut dalam perbuatan (akhlak) terpuji. Jangan sampai banyak hafalan Alquran tapi lisan tajam, banyak sedekah tapi hobi menyakiti hewan, sering salat malam tapi menzalimi orang lain.

“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan paling dekat kedudukannya dengan majelisku pada Hari Kiamat nanti adalah orang yang paling baik akhlaknya. Sebaliknya, orang yang aku benci dan paling jauh dari diriku adalah orang yang terlalu banyak bicara (yang tidak bermanfaat) dan sombong” (HR at-Tirmidzi).

Bahkan, dalam hadis lain dijelaskan, bahwa ada dua orang wanita, yang satu banyak ibadahnya namun berakhlak buruk, dan yang satu lagi sedikit amalan ibadahnya tapi berakhlak baik. Ternyata, Rasulullah menyatakan yang berakhlak buruk sekalipun banyak ibadah tempatnya di neraka, tentunya hal ini disebabkan ibadah yang dilakukan itu tidak membekas dalam perbuatannya. Sedangkan yang amalnya biasa saja namun berakhlak baik, tempatnya di surga. Karena itu, betapa akhlak menjadi penentu agama seseorang.

Dari Abu Hurairah, Dikatakan kepada Rasulullah: “sesungguhnya si fulanah salat malam dan berpuasa sunah (Dalam riwayat Ahmad, “Sesungguhnya si fulanah disebutkan tentang banyaknya salatnya, puasanya, dan sedekahnya”) namun ia mengucapkan sesuatu yang mengganggu para tetangganya, lisannya panjang? (suka menyakiti tetangganya)” Rasulullah berkata, “Tidak ada kebaikan padanya, dia di neraka”. Dikatakan kepada beliau, “Sesungguhnya si fulanah salat yang wajib dan berpuasa pada bulan Ramadan serta bersedekah dengan beberapa potong susu kering, dan ia tidak memiliki kebaikan selain ini, namun ia tidak mengganggu seorangpun?” Rasulullah berkata, “Ia di surga” (HR. Al-Hakim dalam al-Mustadrak (IV/183 no.7304).

Sebagai umat muslim, hendaknya Anda senantiasa berakhlak baik kepada sesama dan jangan pernah menyakiti hati orang lain agar Allah SWT selalu memberikan keberkahan hidup bagi setiap umat-Nya. Aamiin. Wallahu A'lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.