Membangun Komunikasi Yang Baik Dengan Si Kecil

Avatar of PortalMadura.com
diskusi orangtua dan anak
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mempunyai keluarga yang utuh dan bahagia, tentu menjadi dambaan setiap insan. Namun di zaman modern saat ini, ikatan keluarga tampaknya bukan hal yang mudah untuk dijalin dengan baik. Komunikasi adalah salah satu hal yang melatarbelakangi erat atau tidaknya hubungan sebuah keluarga.

Komunikasi yang baik akan menumbuhkan keakraban di antara sesama keluarga, namun sebaliknya jika komunikasi salah akan menimbulkan dampak yang buruk.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam membangun komunikasi yang baik dan efektif bersama dengan buah hatinya.

Berbicara dengan Mereka
Berhenti bermain dengan jejaring sosial Anda dan mulailah berbicara dengan anak Anda tentang apa kartun, permainan atau buku favorit mereka. Tunjukkan rasa penasaran Anda pada apa pun yang mereka ceritakan.

Dengarkan Anak Anda
Biarkan mereka tahu bahwa Anda tertarik untuk mengetahui tentang mereka. Tanyakan kepada mereka apa yang terjadi di sekolah. Jangan beralih ke televisi, koran atau telepon ketika mereka mulai bicara.

Baca Juga:  Niat dan Tata Cara Puasa Zulhijah

Berikan Waktu Pada Anak
Terkadang dalam berkomunikasi, kesabaran dan ketenangan menjadi kunci utama dalam terjalinnya komunikasi yang baik. Untuk itu, ketika anda bertanya pada si kecil dan anda mendapati ia terdiam, maka biarkan sejenak, berikan waktu untuk mereka.

Siapa tahu, anak-anak membutuhkan waktu untuk mengingat atau menemukan jawaban yang akan mereka berikan untuk anda. Selain itu, umumnya anak-anak akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproses dan memahami apa yang anda tanyakan pada mereka.

Menghargai Usaha Anak
Penting sekali untuk orangtua menghargai segala proses yang dilakukan oleh anak untuk mencapai sesuatu. Sebaliknya, hindari menilai hasil akhir yang dicapai oleh si anak.

Selain itu, kegagalan yang didapatkan oleh si anak juga bukan berarti membuat anda bisa merendahkan mereka. Namun sebagai orangtua yang baik, adalah terus berikan mereka dukungan dan pastikan jika anda menerima kondisi anak sesuai dengan kemampuannya.

Baca Juga:  Ini Perbedaan Santet, Teluh, Tenung dan Guna-guna

Menjaga komunikasi dengan buah hati adalah hal yang penting, mengingat setiap orang memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda-beda. Namun untuk menggapai keluarga yang bahagia, komunikasi yang baik adalah hal yang akan menjembatani segala perbedaan yang ada.(merdeka.com/choir)

Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di  Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.