oleh

Memeluk Bayi Bisa Menurunkan Risiko Stres, Benarkah?

PortalMadura.Com – Tidak bisa dipungkiri, ada kenyamanan tersendiri ketika memeluk dan menggendong bayi. Biasanya, perasaan menjadi lebih tenang dan bahagia dengan memeluknya.

Apalagi saat bayi tersebut menunjukkan sikap yang ramah, tersenyum dan merasa nyaman dengan Anda saat dipeluk dan digendong, pasti sensasinya akan berbeda dari biasanya. Bukan tidak mungkin rasa lelah, penat atau lelah di tubuh akan berkurang karenanya.

Sebagaimana dilansir Haibunda.com yang dikutip dari laman parents.com, memeluk atau menggendong bayi memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita. Memeluk bayi juga bermanfaat menurunkan risiko stres, depresi serta kecemasan.

Kenapa bisa?. Ternyata, adanya kontak langsung kulit Anda dengan kulit bayi bisa membuat perasaan jadi makin tenang serta nyaman. Jadi, tidak heran jika sesudah Anda memeluknya akan merasakan perasaan itu.

Manfaat Memeluk Bayi

Sebuah studi yang dilakukan para ahli dan dipublikasikan di Journal of Perinatal Education mengungkapkan, jika memeluk bayi memberi banyak manfaat. Secara ilmiah, memeluk bayi bermanfaat menenangkan pikiran dan membuat otak bekerja secara lebih baik.

Ketika kulit Mom bertemu dengan kulit bayi secara langsung, ini membantu proses pelepasan hormon oksitoksin yang mampu membuat Mom merasa lebih bahagia.

Pelepasan hormon oksitoksin juga memungkinkan Mom terhindar dari risiko stres serta depresi. Ada ketenangan dan kenyamanan tersendiri yang bisa Anda rasakan saat memeluk bayi.

Tidak hanya itu pembuktiannya, studi lain yang dipublikasikan di jurnal American Academy of Pediatrics (AAP) menyebutkan, jika memeluk bayi tidak hanya menenangkan perasaan orang tua tetapi juga menenangkan perasaan bayi.

Baca Juga : 5 Manfaat Perawatan Kanguru untuk Bayi Prematur

Selain itu, aroma bayi yang wangi dan khas juga memiliki peranan besar dalam menurunkan risiko stres serta depresi pada orang tuanya. Disadari atau tidak, memeluk dan mencium bayi bisa membuat Mom serta suami lebih bahagia, nyaman dan tanpa beban.

Jadi, masih ragu meluangkan sebentar saja untuk memeluknya?. Nikmati dan rasakan sensasi tersebut agar Anda mendapatkan manfaatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE