Mempercepat Salat Karakter Orang Munafik ?

Avatar of PortalMadura.Com
Mempercepat Salat Karakter Orang Munafik ?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kita sering mendengar kata yang diucapkan oleh orang-orang. Tahukah Anda munafik merupakan suatu bentuk perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Orang munafik juga bisa berbahaya dalam sebuah hubungan, baik itu keluarga, teman, maupun masyarakat.

Untuk mengindari dari perbuatan munafik, sebaiknya kita kenali . Salah satu karakternya yaitu mempercepat salatnya. Mereka mempercepat shalat tanpa adanya kekhusyukan dalam salatnya. Tidak ada ketenangan dalam mengerjakannya, dan hanya sedikit mengingat Allah di dalamnya. Pikiran dan hatinya tidak menyatu. Dia tidak menghadirkan keagungan, kehebatan dan kebesaran Allah dalam salatnya.

Hal tersebut dijelaskan dalam hadis berikut, “Itulah shalat orang munafik. Itulah shalat orang munafik. Itulah shalat orang munafik. (Yaitu) dia menunggu matahari sampai hampir terbenam kemudian dia berdiri (untuk shalat ashar), lalu mempercepat (tanpa ada rasa khusyuk sedikitpun) empat rakaat, tanpa mengingat Allah di dalamnya kecuali sedikit sekali.” (HR. Imam Muslim)

Imam Ibnul Qayim dalam kitab Al-Madaarij mengatakan, “Seseorang salat di samping saudaranya sesama muslim dalam satu shaf di belakang seorang imam. Akan tetapi, perbedaan antara salat keduanya (kedua makmum itu) seperti langit dan bumi.” Karena, yang satunya memiliki rasa ikhlas, cinta, rindu, merasa diawasi, dan takut akan siksaan Allah. Sedangkan yang satunya lagi, hatinya beku, mati, kabur dan jauh dari Allah. Naudzubillah.

Oleh karena itu hendaklah kita selalu memerhatikan kekhusyukan dalam salat. Karena orang yang khusyuk dalam salatnya adalah mereka yang beruntung. Dan khusyuk dalam salat merupakan salah satu karakter dari orang-orang yang kelak mewarisi surga firdaus.

Allah telah berfiman, “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sembahyangnya.” (QS. Al-Mu'minun: 1-2).

(islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.