Menakjubkan! Ini 4 Manfaat Zikir Bagi Kehidupan Manusia

Avatar of PortalMadura.com
Menakjubkan! Ini 4 Manfaat Zikir Bagi Kehidupan Manusia
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Zikir merupakan doa dalam agama Islam yang berarti menyebut dan mengingat serta mengakui keagungan Allah SWT baik lahir maupun batin. Zikir ini bisa dibaca dalam beragam aktivitas dan kesempatan. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Banyak ayat Alquran yang menganjurkan umat muslim untuk selalu berzikir. Sebab, hal ini merupakan tindakan nyata agar mendapat rida akhirat dan duniawi dari Allah SWT. Jika seorang muslim lalai dalam melakukannya, Allah tidak mengatakan hal tersebut termasuk dosa. Namun orang itu menjadi bagian dari kaum yang merugi.

Oleh karena itu, zikir perlu di lakukan secara ikhlas dan jujur dari dalam hati dengan membuang semua masalah yang ada di dalam pikiran dan kemudian di isi dengan kebesaran Allah. Maka, manusia dapat merasakan segudang manfaatnya. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

Menenangkan Hati dan Pikiran
Membuat hati dan pikiran kosong dan memfokuskan kepada Allah tentu akan melegakan kinerja otak walaupun sebentar, cukup untuk membuat otak dan perasaan.

Kemenangan dan Kekuatan
Dengan mengingat nama Allah dan meminta pertolongannya secara tidak sadar kemampuan seseorang menjadi naik. Mungkin hal yang tidak mungkin terjadi namun seperti pepatah Islam berkata apa yang terjadi maka terjadilah hal tersebut secara logika tidak mungkin terjadi tapi bila Allah berkehendak maka terjadilah.

Hal ini sering di lakukan oleh Ali Bin api Thalib sahabat Rasulullah SWT yang selalu berzikir sebelum perang walaupun tentaranya sedikit dan tidak cukup kuat.

Menjauhkan dari Siksa Api Neraka
Dengan berzikir membuat manusia selalu ingat akan Allah. Kemudian tentu manusia akan mengingat apa yang menjadi larangan-larangan Allah maka hal tersebut harus di jauhi. Menjadi watak bagi para manusia yang lebih mengingat Allah saat dalam kondisi susah dan lupa jika kondisi senang.

Hal ini menjadi ujian tersendiri bagi diri masing-masing para muslim agar selalu ingat Asma Allah dan tidak terjerumus siksa api neraka. Berzikir ini juga dapat di gunakan untuk mengakui dosa kepada Allah dan juga sebagai tempat minta maaf bagi Allah.

Ketenangan Jiwa
Manusia biasanya terfokus akan hal duniawi dan terlalu melupakan kehidupan setelahnya. Manusia selalu terburu-buru dan menggebu-gebu akan hal duniawi. Dengan berzikir akan membuat hal tersebut lama-lama hilang. Karena dalam Islam, duniawi bukanlah satu-satunya hal yang harus di prioritaskan untuk di kejar. Pikiran dan jiwa tentu akan menjadi tidak akan menjadi serakah seperti tersebut. (manfat.co.id/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.