oleh

Menarik, Inilah 4 Fakta Gunung Tangkuban Perahu

PortalMadura.Com – Gunung Tangkuban Perahu Merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal di kawasan Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jika kita membicarakan tentang Gunung Tangkuban Perahu ini tentunya tidak akan terlepas dengan cerita yang sudah melegenda di masyarakat, yaitu legenda Sangkuriang. Menurut cerita rakyat setempat nama Tangkuban Perahu berkaitan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat, salah satunya Sangkuriang harus membuat perahu dalam semalam.

Saat menyadari usahanya untuk memenuhi syarat itu gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu. Gunung yang memiliki ketinggian + 2.048 Mdpl ini merupakan gunung berapi aktif dan masih sering sekali aktif. Dan tercatat terakhir aktif kembali yaitu sekitar tahun 2015. Dan memiliki beberapa kawah yang sanagt indah, Dilansir dari travel.kompas.com, Jumat (7/5/2021) Berikut fakta unik gunung tangkuban perahu:

Legenda Sangkuriang

Seperti yang disampaikan di awal, kaitan antara gunung tangkuban perahu dengan legenda sangkuriang nampaknya sudah mengakar dalam masyarakat setempat. Konon saat Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibu dari Sangkuriang mengajukan syarat yang sulit dan nyaris tak mungkin kepada Sangkuriang, membuat sangkuriang akhirnya meminta bantuan kepada para jin untuk bisa menyelesaikan syarat Dayang Sumbi untuk dibuatkan perahu megah lengkap dengan danaunya dalam waktu semalam saja.

Tampak Seperti Perahu Terbalik

Jika di perhatikan secara seksama, penampakan yang demikian sangat nampak jika dilihat dari sisi selatan, hal ini karena ada dua kawah yang berdampingan antara arah barat dan timur, kemudian jika di lihat dari sisi yang lain, bentuk seperti perahu terbaik tidak begitu tampak.

Dikenal Sebagai Tempat Para Dewa

Masyarakat sekitar percaya bahwa lokasi gunung tangkuban perahu ini merupakan tempat yang keramat, dan seiring berkembangnya waktu, wisata ini menjadi lokasi populer yang tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, bahkan banyak sekali warga sekitar yang mengadu nasib di tempat ini sebagai pedagang.

Memiliki 9 Kawah

Sembilan kawah itu adalah; Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Baru, Kawah Jurig, Kawah Badak, Kawah Jurian, Kawah Siluman, Kawah Paguyuban Badak. Kesemua kawah tersebut tergolong kawah yang masih aktif. Jadi ada beberapa di antaranya terlarang untuk didekati oleh pengunjung. Karena kawha tersebut masih sering mengeluarkan kandungan gas beracun yang berbahaya bagi manusia.

Itulah empat fakta menarik dari tangkuban perahu yang sangat populer bagi para wisatawan Indonesia yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Travel.Kompas.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar