Mengenal Doa Awal Haid dan Amalan Lainnya, Muslimah Harus Tahu!

Avatar of PortalMadura.com
Mengenal-Doa-Awal-Haid-dan-Amalan-Lainnya,-Muslimah-Harus-Tahu!
Ilustrasi (oase.id)

PortalMadura.Com – Haid merupakan bagian dari hadas besar. Oleh sebab itu, wanita tidak boleh melakukan ibadah seperti salat, membaca Alquran, puasa dan tawaf sampai ia bersuci. Terlepas dari hal itu, tahukah Anda bahwa ternyata muslimah dianjurkan untuk mengamalkan dan selalu berzikir pada Allah SWT?.

Ya, hal ini sebagai suatu amalan yang bisa dilakukan wanita ketika sedang dalam masa haid sebagaimana yang Rasulullah SAW ajarkan. Mungkin sebagian perempuan yang mengalami masa haid belum mengetahui tentang bacaan doa di awal haid, saat merasa nyeri dan juga doa selama masa haid.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini seperti dilansir PortalMadura.Com, Selasa (5/4/2022) dari laman Idntimes.com:

Dijelaskan pada hadis dalam kitab Munajatun Nisa oleh Ibnu Watiniyah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Tidaklah seorang wanita yang haid itu, kecuali haidnya merupakan kafarat (tebusan) untuk dosa-dosanya yang telah lalu, dan apabila pada hari pertama haidnya membaca Alhamdulillaahi ala kulli hailin wa astaghfirullah (segala puji bagi Allah dalam segala keadaan dan aku memohon ampun kepada Allah dari segala dosa), maka Allah SWT menetapkan dia bebas dari neraka dan dengan mudah melalui shiratal mustaqim yang aman dari siksa. Bahkan, Allah Ta'alaa mengangkat derajatnya seperti derajatnya 40 orang mati syahid apabila dia selalu berdzikir kepada Allah SAW selama haidnya.

Berikut dibawah ini bacaan doa awal haid yang dianjurkan untuk diamalkan

Doa Awal Haid

Alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin“.

Artinya: “Segala puji bagi Allah atas segala perkara, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa.

Doa Saat Merasa Nyeri

Allahumma adzhibil ba'sa rabban naasi wasyfi fantasy syaafii laa syiffaa ‘an syifaa ‘uka syifaa ‘an laa yughaadiru saqama“.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit dan sembuhkanlah. Engkau adalah Pemberi kesembuhan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit” (HR. Bukhari)”.

Doa Selama Haid

Rabbij'al muqiimash shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du'aa“.

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat. Ya Tuhan kamu, perkenankanlah doaku.”

Nah itu dia doa awal haid dan yang lainnya, bagi para muslimah jangan lupa untuk mengamalkanya. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.