Menkominfo Sebut 3 Tantangan Dunia Digital

Avatar of PortalMadura.Com
Menkominfo Sebut 3 Tantangan Dunia Digital
Johnny G Plate (DP)

PortalMadura.Com, Medan – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, meminta masyarakat agar lebih peduli terhadap keberadaan . Menurut dia, dunia digital juga memiliki tantangan tersendiri.

“Paling tidak ada tiga tantangan untuk dunia digital. Ini harus menjadi perhatian bagi kita semua,” kata Plate saat memberikan sambutan dalam Konvensi Media Massa dengan tema Peluang di Tahun yang Menantang dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional 2023 di Medan, Rabu (8/2/2023).

Pertama, tutur Plate, bukan soal seberapa cepat warga mengirimkan isi atau konten dari dan ke media digital. Tetapi yang lebih penting adalah cara mentransfer konten digital yang bisa memenuhi harapan masyarakat.

Kemudian tantangan kedua, adalah maraknya disrupsi di dunia digital. Tak sedikit disrupsi digital ini menimbulkan persoalan di masyarakat. Untuk itu, dia mengingatkan para pengguna teknologi komunikasi agar membuat ruang digital sebersih mungkin dari informasi yang tak bertanggung jawab.

Adapun tantangan ketiga adalah mendorong masyarakat supaya mencari sumber yang benar dari informasi di dunia digital. Dengan cara ini, maka informasi dan berita yang tersebar di ruang digital akan memberikan manfaat bagi masyarakat penggunanya.

Dia menambahkan, dunia digital memang melipatgandakan produk informasi. Dunia digital juga mendatangkan peluang besar bagi ekosistem pers. Meski demikian, pers perlu melakukan adaptasi agar bisa berkolaborasi atau ermigrasi ke dalam dunia digital.

Dunia digital pun, paparnya, bisa menjadi sarana untuk mengecek validitas informasi yang belum jelas kebenarannya. Dengan perkembangan teknologi digital, maka upaya melakukan pengecekan bisa berjalan lebih cepat.

Terkait dengan muatan informasi yang berbau hoaks, menkominfo menjelaskan, instansinya senantiasa terus bekerja sama dengan Dewan Pers. “Kami bersama Dewan Pers dan unsur media akan memantau terus setiap informasi hoaks yang memasuki ruang digital. Namun kami tentu tidak bisa bekerja sendiri. Kami memerlukan peran semua pihak untuk bersama-sama memerangi informasi hoaks,” paparnya.

Mengutip pernyataan wartawati dari Inggris, Christiane Amanpour, Plate mengutarakan bahwa jurnalisme tidak hanya berperan untuk kepentingan pers itu sendiri. Jurnalisme berperan penting dan juga harus diarahkan demi kehidupan dunia yang lebih baik.(Sumber DP)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.