oleh

Mensos RI Sidak, Bulog Sumenep Tergembok

PortalMadura.Com, Sumenep – Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Bulog Sumenep, Madura, Jawa Timur. Ia menemukan gudang penyimpanan raskin yang tergembok, bahkan kepala Gudang Bulog Sumenep, Ainul Fatah tidak ada ditempat.

“Mungkin karena hari Minggu, tapi setiap kami melakukan sidak di Bulog lain justru Sabtu dan Minggu banyak yang melakukan bongkar muat,” kata Khofifah Indar Parawansa, di Sumenep, Minggu (14/6/2015).

Dilakukannya sidak ini, lanjut Khofifah, realisasi beras bagi warga kurang mampu (raskin) di Kabupaten Sumenep masih rendah, dari bulan Januari-Juni baru mencapai 22,76 persen dari kuota 1.745 ton per bulan bagi 116.378 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang tersebar di 27 Kecamatan.

“Harusnya dari Januari hingga Juni ini penebusan raskin sudah mencapai 50 persen, tapi ternyata baru mencapai 22,76 persen. Ini harus menjadi catatan semua pihak,” jelas Khofifah saat didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep, Moh Ramli.

Mensos tidak bisa mengecek stok dan kualitas raskin karena gudang Bulog tergembok dan tidak ada kepala gudang Bulog.

“Untuk mengecek ketepatan kualitasnya tidak bisa karena gudangnya digembok,” ujarnya.

Ia meminta, agar realisasi raskin digenjot menghadapi bulan puasa, agar warga kurang mampu tidak kebingungan dalam kebutuhan beras.

“Kami minta surat perintah alokasi (SPA) dari tim koordinasi raskin segera dikirimkan ke gudang Bulog, agar masyarakat kurang mampu menjelang Ramadhan dan Idul Fitri merasa aman dan bagian logistiknya terpenuhi,” harapnya.

Pagu beras bagi warga kurang mampu (raskin) tahun 2015 jatah untuk Kabupaten Sumenep sebanyak 1.745 ton per bulan, bagi 116.378 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang tersebar di 27 Kecamatan, baik daratan maupun kepulauan. Alokasi raskin 2015 ini sama dengan 2014 dan 2013. (arifin/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.