Menurut Alquran, Ini 6 Tanda Istri Salihah

Avatar of PortalMadura.com
Menurut Alquran, Ini 6 Tanda Istri Salihah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menikah merupakan salah satu anjuran dalam Islam agar dapat meneruskan keturunan. Sebagaimana dijelaskan dalam Alquran QS.An Nahl (16):72 yang berbunyi: “Bagi kalian Allah menciptakan pasangan-pasangan (istri-istri) dari jenis kalian sendiri, kemudian dari istri-istri kalian itu Dia ciptakan bagi kalian anak cucu keturunan, dan kepada kalian Dia berikan rezeki yang baik-baik.”

Semua laki-laki yang akan menikah atau malah sudah menikah pasti menginginkan istri yang salehah. Mengapa demikian? Karena seorang istri akan menjadi pelayan suami dan juga pembimbing anak-anak di rumah. Mereka akan menjaga kehormatan suami sehingga terwujud keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah.

Lantas seperti apa ciri atau tanda istri yang salihah? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa cirinya. Berikut penjelasannya:

Tidak Meninggalkan Kewajiban Agama

Hadis Rasulullah dalam kitab Mukhtarul Ahaditsin Nabawiyyah: “Apabila seorang wanita salat lima waktu, puasa di bulan Ramadan, taat kepada suami, menjaga kehormatan dirinya, maka akan masuk surga dari pintu mana saja yang dia mau.”

Mampu Menjaga Diri dan Harta Suami

Ciri-ciri wanita salehah yang kedua sudah dijelaskan dalam Alquran: “Maka wanita-wanita yang salehah, ialah yang taat (kepada Allah dan kepada suami) lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).” [An-Nisa: 34].

Rasulullah bersabda: ”Ada tiga macam keberuntungan (bagi seorang lelaki), yaitu: pertama, mempunyai istri yang salehah, kalau Anda lihat melegakan dan kalau Anda tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan dirinya dan hartamu.” (HR Hakim).

Taat pada Suami

Sebagai pemimpin rumah tangga suami biasanya meminta istrinya untuk melakukan berbagai hal, maka dari itu sebagai istri wajib untuk mematuhinya dengan catatan perintah tidak keluar dari syariat islam.

Rasulullah pernah ditanya; “Wahai Rasulullah, wanita yang bagaimana yang paling baik?” maka beliau menjawab: “Wanita yang menyenangkan hati jika dilihat (suami), taat jika diperintah dan tidak menyelisihi pada sesuatu yang ia benci terjadi pada dirinya (istri) dan harta suaminya.” (HR. Ahmad)

Terlihat Menyenangkan di Depan Suami

Rasulullah bersabda: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”. (HR. Abu Dawud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah berkata dalam Al-Jami'ush Shahih 3/57: “Hadits ini shahih di atas syarat Muslim.”)

Baca Juga: Shopee Liga 1 2019, Fokus Hadapi Arema

Menutup Auratnya

Menutup aurat merupakan anjaran islam untuk para umat perempuannya, jika ingin menjadi istri salehah hendaklah dia menutup auratnya.

“Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan).[HR. Abu Dâwud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadis ini di shahihkan oleh syaikh al-Albâni rahimahullah]

Mampu Memberikan Suasana Teduh, Ketenangan Berfikir dan Berperasaan bagi Suaminya

Allah SWT berfirman: ”Di antara tanda kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis kamu sendiri, agar kamu dapat memperoleh ketenangan bersamanya. Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berpikir.”(QS Ar Rum [30]: 21).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.