oleh

Menurut Islam, Ini 3 Kunci Membangun Keluarga Bahagia

PortalMadura.Com – Keluarga bahagia pasti menjadi keinginan semua orang di dunia. Karena dari sanalah generasi bahagia penerus bangsa akan lahir. Namun, bahagia yang di maksud bukan hanya bahagia di dunia saja tapi juga berlanjut sampai ke hari akhir.

Dalam Islam, Alquran dan sunah banyak sekali membahas bagaimana menciptakan keluarga yang bahagia. Bahkan dari perintah untuk menikah, perjalanan dalam berumah tangga, dan menyelesaikan masalah-masalah yang akan dihadapi dalam berumah tangga. Hal itu pula yang nantinya akan menjadi asas atau dasar untuk menyiapkan masyarakat yang bahagia.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir “.

Dalam hadis Rasulullah yang berbunyi: “Seorang wanita dinikahi karena empat hal, karena hartanya, derajatnya, kecantikannya dan agamanya. Maka carilah keuntungan dengan menikahi wanita karena agamanya, niscaya lepas tanganmu dari kerugian dunia dan akhirat” (HR.Bukhari, Muslim dari Abu Hurairah r.a.).

Dari hadis di atas terlihat bagaimana Rasulullah memberikan arahan kepada dalam memilih pasangan. Sebab pendidikan untuk generasi yang saleh dimulai dari memilih istri atau pasangan yang baik agamanya. Selain itu, terdapat tiga kunci untuk membangun keluarga yang bahagia. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (25/11/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari beberapa sumber.

Berikut penjelasannya:

Fungsionalisasi dari Masing Anggota Keluarga

Maksudnya bagaimana seorang suami mampu menjadi pemimpin bagi istri. Kemudian seorang istri harus taat kepada suaminya, dan anak yang menjadi Qurrata a’yun bagi kedua orang tuanya.

Baca Juga: Puluhan Lapak di Bundaran Pasar Anom Sumenep Digusur

Saling Memahami

Seperti apa yang dicontohkan oleh Rasulullah ketika membantu pekerjaan rumah istri-istrinya.

Komunikasi yang Efektif

Karena komunikasi merupakan salah satu cara untuk membahagiakan anggota keluarga.

Meskipun waktu berkomunikasi antar anggota keluarga sangat terbatas tapi jika mampu berkomunikasi secara baik dan efektif itu akan menghasilkan kebahagiaan bagi anggota keluarganya.

Oleh karena itu Islam mengajarkan untuk selalu berkata-kata baik agar tak menyakiti orang lain.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE