Meski Tak Merokok, Kenapa Bibir Tetap Terlihat Hitam?

Avatar of PortalMadura.com
Meski Tak Merokok, Kenapa Bibir Tetap Terlihat Hitam?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Warna bibir yang terlihat hitam tidak hanya dimiliki oleh saja. Tapi ada sebagian orang yang memang dasarnya memiliki warna bibir gelap.

Sebenarnya, tidak ada penyebab tertentu yang mengakibatkan bibir tampak hitam. Hal itu tergantung tone warna kulit dan usia setiap orang.

Perlu Anda ketahui, secara umum penyebab warna bibir lebih gelap adalah ketidakseimbangan hormonal. Wanita yang sudah menopause lebih rentan mengalaminya.

Wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi dalam waktu lama juga akan mengalami hiperpigmentasi pada kulit atau warna jadi lebih gelap.

Penyebab lain adalah paparan sinar matahari. Kulit di sekitar bibir dan dagu sangat sensitif dan ini adalah bagian yang pertama kali terpapar matahari. Kondisi itu bisa diperburuk dengan kebiasaan merokok.

Memang Anda bisa menutupi bagian bibir yang gelap itu dengan lipstik atau concealer, tetapi itu bersifat sementara.

Sebenarnya, Anda bisa mencerahkan bagian bibir yang gelap ini dengan rutinitas sederhana dan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya saja melakukan scrub bibir dengan campuran gula dan madu. Lakukan secara teratur untuk mengangkat sel kulit mati di bibir.

Selain itu, Anda juga bisa membuat masker bibir dengan bumbu dapur, misalnya campuran jus tomat, bubuk kunyit, dan air jeruk nipis, yang diaplikasikan ke bagian bibir. Caranya mudah, Anda cukup diamkan bahan-bahan itu sekitar 20 menit, kemudian dibilas. Lakukan 3-4 kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.