Kenali Metode Pembelajaran PAUD Sebelum Menyekolahkan Anak

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Metode Pembelajaran PAUD Sebelum Menyekolahkan Anak
Ilustrasi (acehtrend.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Metode pembelajaran PAUD merupakan cara yang digunakan pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran kepada anak untuk mencapai kompetensi tertentu.

Metode pembelajaran dirancang dalam kegiatan bermain yang bermakna dan menyenangkan bagi anak. Tujuan dari metode yang satu ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai olehnya selama mengikuti pendidikan di PAUD.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Sabtu (1/8/2020), berikut metode pembelajaran yang diterapkan di PAUD:

Kenali Metode Pembelajaran PAUD Sebelum Menyekolahkan Anak

Melalui Bermain

Adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menerapkan permainan tertentu sebagi wahana pembelajaran siswa. Metode ini terbukti paling efektif dan efisien dibandingkan dengan metode yang lain. Karena kemampuan belajar mengingat anak menjadi cepat dan anak tidak merasa jenuh.

Baca Juga:  Menko PMK Kunjungi Unija, Tanam Pohon Wujud Implementasi GNRM

Melalui Cerita

Adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan teknik guru bercerita tentang suatu legenda, dongeng, mitos, atau suatu kisah yang didalamnya diselipkan pesan-pesan moral atau intelektual tertentu.

Melalui Musik

Adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan media nyanyian sebagai wahana belajar anak. Hal ini menunjukkan bahwa musik klasik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendah akan merangsang kuadran C pada otak.

Melalui Karyawisata

Melalui metode ini anak memiliki kesempatan untuk memperoleh informasi atau mengkaji sesuatu secara langsung. Karyawisata kegiatan membawa anak ke objek tertentu untuk memberikan pengalaman belajar yang tidak mungkin diperoleh didalam kelas.

Baca Juga:  Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Ngadukan Nasib ke Dewan

Melalui Demonstrasi

Demonstrasi adalah menunjukkan dan menjelaskan. Jadi, dalam demonstrasi guru bertugas untuk menunjukkan dan menjelaskan cara mengerjakan sesuatu. Dalam hal ini diharapkan anak dapat mengenal langkah-langkah pelaksanaan.

Nah, itulah metode PAUD secara umum yang wajib Anda ketahui. Tidak hanya bergantung pada guru di sekolah, Anda juga harus mengetahui metode belajar yang diterapkan PAUD. Agar proses belajar pun akan lebih mudah diterima oleh anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.