Minum Air Hangat Saat Sahur Agar Tidak Haus Selama Berpuasa, Mitos atau Fakta!

Avatar of PortalMadura.com
Minum Air Hangat Saat Sahur Agar Tidak Haus Selama Berpuasa, Mitos atau Fakta!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang lebih sulit untuk menahan rasa haus dibandingkan dengan rasa lapar saat berpuasa. Rasa haus bisa menjadi pengganggu nomor satu dalam menjalankan ibadah puasa karena dapat membuat tubuh menjadi lemas dan sakit kepala.

Di awal Ramadan, beredar banyak pesan berantai tentang cara supaya tidak gampang haus saat menjalankan ibadah puasa. Salah satu saran untuk menutup sahur adalah dengan minum air hangat yang berperan membersihkan minyak di kerongkongan.

Diana Sunardi mengatakan, secara ilmiah belum ada penelitian mengenai manfaat minum air hangat di penutup sahur yang bisa mengurangi rasa haus saat menjalankan puasa. Walau belum ada penelitiannya, minum air hangat bisa memunculkan perasaan nyaman.

“Air hangat mungkin menyebabkan rasa nyaman bagi yang akan berpuasa. “Air putih hangat mulai dari mulut sampai saluran makanam atas bisa saja melegakan makanan berlemak yang kita konsumsi. Namun, setelah di lambung suhu air sudah dinetralkan,” Diana menambahkan.

Baca Juga :  Segera Sodorkan Kontrak Kepada Shodai Nishikawa

Jadi, konsumsi air hangat lebih ke perasaan nyaman bagi orang yang menenggaknya. Namun, minum air putih suhu ruangan juga tidak masalah saat menutup sahur di bulan puasa. Minum air putih, baik suhu hangat maupun ruangan, dalam jumlah cukup merupakan cara ampuh agar tidak terlalu haus saat menjalankan puasa.

“Kuncinya itu saat sahur, minum air jauh lebih prioritas,” kata ahli gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah. Pastikan usai bangun tidur awali dengan minum segelas air. Lalu, minum satu sampai dua gelas lagi sebelum menutup sahur. Jadi total dua sampai tiga gelas air putih saat sahur.

Saat sahur, ia pun tidak menyarankan minum minuman manis seperti kopi manis. Minuman manis membuat jadi lebih mudah buang air kecil sesudahnya. Sebagian besar orang Indonesia itu senang kopi yang manis, manis itu bikin haus dan sebagian orang ada yang sensitif jadi gampang buang air kecil usai minum kopi.

Ketika berbuka hingga malam setelah tidur pastikan minum sekitar lima gelas air putih. Dimulai dari saat buka puasa menenggak satu gelas air putih lalu sesudah berbuka puasa minum dua gelas air putih. Kemudian, jangan lupa sebelum tidur juga minum air putih lagi. Semoga informasinya bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.