oleh

Minyak Biji Bunga Matahari, Ini 5 Manfaatnya Bagi Kecantikan Kulit

PortalMadura.Com – Kandungan minyak biji bunga matahari dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Pasalnya, sumber vitamin E yang terkandung di dalamnya cukup tinggi sehingga minyak yang satu ini sering digunakan untuk campuran produk skincare.

Tidak hanya vitamin E, minyak biji bunga matahari juga punya berbagai senyawa antioksidan. Khasiatnya untuk kulit cukup banyak. Lantas, apa saja manfaat minyak biji bunga matahari (sunflower oil) bagi kecantikan kulit?.

Berikut ini lima manfaatnya, seperti dikutip Merdeka.com dari Fimela.com:

Merawat Kulit tanpa Menyumbat Pori-Pori

Minyak biji bunga matahari adalah minyak non-komedogenik yang sangat mudah menyerap dan tidak akan menyumbat pori-pori. Minyak ini tidak menyebabkan iritasi bagi kebanyakan orang dan dapat digunakan pada semua jenis kulit, termasuk kulit kering, normal, berminyak dan berjerawat.

Menunda Munculnya Kerutan di Wajah

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan dari efek buruk sinar matahari, seperti penuaan dini dan kerutan. Menggunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan dengan minyak biji bunga matahari adalah cara yang baik untuk mendapatkan manfaat vitamin E untuk kulit.

Membantu Penyembuhan Luka

Minyak biji bunga matahari memiliki anti-inflamasi yang membantu menurunkan kemerahan dan kekasaran kulit. Minyak biji bunga matahari kaya akan asam lemak omega-6 (asam linoleat) dan vitamin E. Asam omega-6 membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan perkembangan sel-sel kulit baru.

Baca Juga: 5 Khasiat Kuaci Bunga Matahari untuk Kesehatan

Membantu Melawan Jerawat

Selain vitamin E, minyak biji bunga matahari juga kaya vitamin A,C dan D yang membuatnya efektif dalam pengobatan jerawat. Minyak biji bunga matahari mengandung vitamin dan asam lemak yang bertindak sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel-sel kulit baru dan membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Melembapkan Kulit

Minyak biji bunga matahari memiliki sifat menenangkan dan akan meningkatkan kapasitas retensi kelembapan kulit. Hal ini sangat bermanfaat buat pemilik kulit kering atau sensitif.

Menggunakan minyak biji bunga matahari secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran serta akan membuat menjadi halus dan lembap.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar